Konsisten improvement sangat penting

Saya termasuk orang yang sangat memilih penerbangan dengan menggunakan Garuda indonesia , karena setelah mencoba beragam maskapai dan jatuh cinta terhadap Garuda Indonesia, Pelayanan yang terus membaik dan juga hal yang paling penting adalah tingkat ketepatan waktu baik jadwal keberangkatan dan jadwal kedatangan bisa di acungkan jari, dibandingkan salah satu maskapai penerbangan yang saya tidak sebutkan merek nama , yang bahkan dijuluki atau disebut raja telat, karena selalu telat. 

Hari ini saya mendapatkan email dari Garuda tentang survei kepuasan pelanggan, ini yang akan saya bahas sedikit, bagaimana bisnis akan bisa terus survive bahkan tumbuh sehat di tengah persaingan bisnis yang semakin cepat dan tak terduga , adalah salah satunya menerapkan strategi menjaga kepuasan pelanggan. Apapun bisnisnya entah itu menjual produk atau menjualan layanan, gol nya adalah kepuasa pelanggan. 

Garuda Indonesia sendiri saya amati sejak saya sering terbang , selalu konsisten dalam hal konsisten improvemen layanan pelanggan, mereka sangat peka terhadap keluhan dan kebutuhan pelanggan. Garuda sadar jika mereka ditinggalkan pelanggan maka berakhirlah bisnis Garuda. Dengan melakukan survei pelanggan secara terus menerus maka ini akan membantu bisnis anda mengetahui apa yang menjadi keluhan dan saran pelanggan untuk bisnis anda, coba perhatikan brand atau merek selevel Garuda saja masih terus konsisten melakukan survei pelanggan bagaimana dengan bisnis anda? apakah anda menerapkan survei pelanggan secara tepat dan efektif bagi pertumbuhan bisnis anda? apakah anda tahu kalau pelanggan anda sudah beralih ke kompetitor anda ? apakah anda tahu kebutuhan yang paling di inginkan pelanggan dari anda?

Tidak cukup 1 tahun sekali untuk mengetahui kebutuhan pelanggan dan mengukur tingkat kepuasan pelanggan, anda bisa melakukan 1 bulan sekali , jangan terlalu berlebihan lakukan dengan analisa dan berikan dosis yang tepat, mulai jumlah hingga lama survei agar pelanggan merasa nyaman dan akan lebih baik kalau anda berikan rewards atau semacam ucapan terima kasih bagi pelanggan yang berperan aktif dalam survei pelanggan tersebut. Anggarkan alokasi dana karena hadiah yang berkesan tidak harus mahal






Komentar

Postingan Populer