Kok bisa lebih mahal malah lebih laris

Pernah anda mengalami kondisi dimana anda takut menaikkan harga? Karena memiliki pemikiran jika harga naik maka akan membuat pelanggan anda tidak mau membeli lagi dari anda dan lebih memilih pindah ke kompetitor anda? Jika jawabannya iya maka anda mengalami masalah serius dengan keuntungan yang pas pas an atau minim dan tanpa anda sadari bekerja lebih berat dan tidak punya kemampuan menabung untuk pertumbuhan bisnis anda.
Beberapa hari lalu saya ngobrol dengan seorang teman yang menceritakan saudaranya yang memiliki usaha bakso solo lalu di tutup , karena merasa kok rugi terus padahal banyak konsumen yang membeli atau banyak konsumen yang cocok dengan bakso solo racikan saudaranya tersebut.

Saya jadi tertarik ingin mengetahui lebih banyak kisah saudara kawan saya ini, yang katanya pengalaman sebelumnya ikut orang jualan bakso solo selama 10 tahun, lalu kemudian memutuskan untuk membuka usaha sendiri, dan tutup bukan karena tidak laku justru laku dan banyak konsumen yang suka, tutup karena merasa hanya dapat capek jualan bakso dan uangnya tidak ada, harga baksonya memang lebih murah dibanding pedagang bakso lainnya, namun ini justru malah menjadi masalah bisnisnya tutup sebab untung ga seberapa bahkan pas pasan untuk belanja namun capeknya luar biasa.

Sekilas setelah saya mendengarkan cerita dari kawan perihal saudaranya karena tidak paham tentang mengelola bisnis bakso , disini nampak kalau saudaranya bisa membuat bakso namun tidak bisa membuat bisnis bakso. Dalam bisnis bakso penghitungan hpp dan harga jual harus tepat. Kalau dari rasa sudah enak dan cocok di lidah konsumen namun kalau di jual terlalu murah dan untungnya tipis yang percuma hanya capek jualan ga ada duitnya.
Ketika ditanyakan kenapa kok menjual murah karena takut gak laku dan konsumennya menengah kebawah. Ini semakin jelas salah strategi, kalau konsumen menengah kebawah ya hpp bahan bahannya harus disesuaikan, komposisi daging , tepung, kanji dll harus mengikuti.
Karena bakso itu di jual 1 porsi 8000 dan 1 porsi 50.000 itu bisa, bahkan bakso yang harganya lebih mahal dan laris juga ada, padahal harganya mahal namun tetap juga laris. Jangan sampai jualan namun tidak tahu hitung hpp karena akan capek dan akan banyak hutang

Komentar

Postingan Populer