Bulan ini prediksi beberapa bisnis tutup terjadi

Bulan ini prediksi beberapa bisnis tutup terjadi, ceritanya saya pernah di minta untuk mengaudit dan menganalisa beberapa bisnis mulai dari yang hanya 5 cabang sampai ada yang puluhan cabangnya. Ketika saya melakukan analisa dan pemetaan kemudian memberikan rekomendasi strategi serta taktik yang perlu di lakukan oleh owner atau pemilik bisnis , maka yang paling susah diterima oleh pemilik bisnis ketika rekomendasi menutup salah satu cabang toko/outlet atau bahkan lebih dari satu, biasanya owner akan langsung mengatakan jangan di tutup pak , sayang itu dan saya akan malu dengan rekanan, keluarga, teman dll. Pokoknya owner akan berusaha untuk mempertahankan jangan sampai ditutup.

Meskipun saya sudah menjelaskan alternatif jika tidak ditutup maka diperlukan sejumlah tindakan atau upaya dan sejumlah biaya yang tidak sedikit, karena kewajiban saya adalah memberikan rekomendasi tindakan atas bisnis beliau atau owner.
Dan ketika owner tetap bersikukuh tidak mau tutup maka saya serahkan sepenuhnya keputusan tersebut.
Dan ini bukan terjadi sekali 2 x atau 3x namun sudah pernah terjadi selang antara 1 tahunan tidak sampai 2 tahun , bisnis bisnis yang pernah saya analisa akan tutup ternyata tutup benar, baik itu di kota jakarta, kota surabaya dan kota malang.

Dan diantara pengusaha tersebut akhirnya mengatakan benar prediksi saya harus tutup atau pindah , namun karena ingin mempertahankan maka meskipun sudah banyak dana dan upaya dilakukan tetap tidak bisa mempertahankan, malah habis lebih banyak biasa dan keluar banyak upaya. Memutuskan untuk tutup bisnis memang tidak mudah ini ibarat orang yang harus di amputasi agar tidak menjalar ke organ organ tubuh vital. Saya malah sering sarankan biar mantap dan yakin coba sholat meminta petunjuk lalu ikhlas dan tawakal kalau memang harus tutup dan pindah atau bikin baru itu masih mending karena daripada semakin banyak keluar uang dan menambah hutang.

Komentar

Postingan Populer