mengelola keuangan yang baik kunci penting bisnis

Mengelola keuangan yang baik kunci penting bisnis

Saya akan tuliskan bahwa diantara penyebab bisnis mengalami masalah keuangan adalah pemilik bisnis atau owner iu EGO dan Nafsu ketika memiliki uang banyak.
Pernah saya temukan ketika bisnis meningkat maka pemilik bisnis seperti tidak mampu mengendalikan diri , keuntungan bisnis di alokasikan tanpa pertimbangan yang matang, berikut hal hal yang sering saya jumpai ketika membantu membenahi perusahaan atau bisnis yang mengalami stagnan maupun yang terancam tutup alias bangkrut dan yang terlilit hutang riba mulai di bawah 1 milyar hingga lebih dari 7 milyar.

Membeli aset ataupun peralatan/perlengkapan

Sebenarnya membeli aset atau melakukan peremajaan alat kerja itu boleh saja, namun pertanyaannya apa itu sudah di pertimbangkan baik secara budget keuangan maupun dampak ketika membeli dan jika sabar menahan untuk sekian bulan? Dan apakah sudah di bahas detail terkait beli sekarang atau beli nanti/

Melakukan renovasi 
 

Nah ini yang seringkali saya jumpai di banyak bisnis terutama bisnis kuliner , ketika pemilik bisnis sangat artistik dan tipe creator maka bisa di bilang dikit dikit renovasi interior dan merubah tema atau konsep agar terlihat menarik dan berbeda dengan yang lainnya. Apakah hal ini tidak boleh? Kalau di tanyakan ke saya , maka jawaban saya adalah boleh saja kan itu uang anda sendiri hehehe, namun ketika ditanyakan lebih detail terkait tujuan, dampak, budget cash . Disini sering saya sampaikan bahwa interior yang bagus, unik, keren, menarik dan berdampak nyaman bagi customer itu memang penting namun tahukah anda banyak bisnis kuliner yang interiornya keren tapi tutup cepat sehingga tidak keren. 

Mencampurkan keuangan pribadi dan bisnis.

Ini juga kesalahan fatal yaitu ketika pemilik bisnis mencampurkan keuangan bisnis dan pribadi sehingga tidak bisa terukur penggunaan cashflow , ini yang sangat saya sering jumpai. Dan ketika saya cek laporan keuangan maka sangat mengejutkan penggunaan keuangan perusahaan banyak yang untuk kepentingan pribadi owner, dan kadang ada owner yang berkata , lho itu kan uang saya sendiri pak , masa tidak boleh saya pakai!. Disilah peran saya menjelaskan tentang pentingnya keuangan bisnis dan pribadi jangan dicampur dan di analisa rutin.

Melakukan ekpansi bisnis 

Ini juga penyakit ketika bisnis mulai terlihat bertumbuh maka pemilik bisnis akan tergiur cepat untuk buka cabang , ekspansi bisnis atau menjual peluang bisnis , dan ketika dibuka maka tidak sampai 1 tahun bahkan hanya beberapa bulan tutup alias bangkrut.

Tidak memiliki kemampuan diri 

Bagi owner yang merasa bisa maka akan terus mengatakan bisa bisa dan hasilnya adalah zonk alias bikin keuangan minus , karena tidak mengenal kekuatan diri dan kelemahannya dan tidak mencari bantuan orang lain atau expert terkait cara membenahi bisnis dan membuat bisnis profitable atau menguntungkan dan berjalan auto pilot. Anda butuh orang yang ilmu dan jam terbangnya melebihi anda , untuk membantu memperbaiki kondisi bisnis anda.

Sebenarnya mash ada lagi penyebabnya namun apa yang saya sebutkan diatas itu adalah hal hal yang paling sering membuat bisnis terancam minus atau profit.
 

Komentar

Postingan Populer