Elemen Penting Strategi Marketing

Ketika anda merencanakan menyerang pasar maka anda butuh merancang strategi marketing dan diantara salah satu elemen marketing plan yang sangat penting dimasukkan yaitu analisa pesaing dan analisa isu-isu yang sedang berkembang saat ini atau isu/berita terbaru. Maksud dan Tujuan analisa pesaing adalah agar kita dapat menjelaskan secara detail pengaruh faktor-faktor eksternal, seperti peluang dan ancaman terhadap bisnis yang sedang anda hadapi. Selain itu, dalam analisa pesaing ini dapat dijelaskan juga secara menyeluruh tantangan yang dihadapi akibat adanya perubahan faktor lingkungan eksternal, serta peluang yang dapat dimanfaatkan dalam bisnis yang sedang kita laksanakan. Saya menjumpai banyak bisnis yang terlalu yakin atau percaya diri dalam membuat strategi penetrasi market tanpa menggunakan analisa kekuatan dan kelemahan dan ini berdampak fatal.


Meskipun untuk melakukan analisa ini diperlukan persiapan yang sangat lama, namun hasilnya sangat bermanfaat. Ibarat dalam peperangan akan KONYOL kalau anda tiba tiba mengerahkan pasukan tanpa mengirimkan telik sandi atau mata mata untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan lawan serta kondisi medan pertempuran,
Jadi meski membutuhkan waktu tergantung dengan cara anda menganalisa , namun selaku pemilik bisnis akan mendapatkan banyak keuntungan semisal :
  • 1.       Anda punya data secara akurat & terkini tentang  keunggulan yang dimiliki oleh perusahaan pesaing.
  • 2.       Anda juga mengetahui alasan pelanggan menggunakan produk yang kita hasilkan serta alasan pelanggan menggunakan produk yang dihasilkan oleh pesaing.*** ini sangat penting dan wajib
  • 3.       Anda bisa menemukan stratetgi komunikasi terhadap faktor-faktor keunggulan kompetitif (competitive advantage) secara efektif kepada pelanggan yang potensial.
  • 4.       Memiliki analisa terhadap isu-isu yang sedang berkembang saat ini, serta analisa terhadap produk pesaing, dapat menyebabkan kita berfikir kreatif dan inovatif untuk melakukan perubahan peningkatan terhadap produk yang kita hasilkan tersebut.
  • 5.      Ada beberapa kategori dari pelanggan yang tidak terpenuhi. Contohnya, apabila kita merencanakan untuk menjual dan mengirim makanan untuk santap siang di Surabaya, pasti ada beberapa tempat yang tidak dapat memenuhi seluruh keinginan dan selera konsumen. Untuk memenuhi keinginan dan selera konsumen tersebut, kita dapat menerapkan strategi market niche. Caranya adalah dengan melakukan pengamatan terhadap apa yang diinginkan konsumen dan apa saja yang telah dilakukan oleh pesaing-pesaing kita. Berdasarkan hal ini, kita dapat mengetahui lebih detail mengenai kondisi pasar. Contohnya, apakah pesaing berhasil karena mereka menjual produk dengan harga lebih murah pada waktu-waktu tertentu? Apabila jawabannya ya, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pelanggan, sehingga pola belanjanya berubah-ubah pada waktu-waktu tertentu? Seandainya kita mengetahui bahwa pasar sudah demikian jenuh dengan munculnya banyak pesaing, kita dapat menghindari meningkatnya biaya yang diakibatkan oleh kesalahan melakukan suatu bisnis yang permintaannya sangat kecil. 
Kita dapat meninjau ulang dengan melakukan penelitian atau pengamatan dengan tujuan untuk mengetahui apakah di suatu daerah sudah terdapat jasa penyediaan makan siang yang telah dilakukan oleh pesaing.  Kalau anda perhatikan yang saat ini menjadi Market Leader ada bisnis yang memiliki Competitive Value Strategy yang sebelumnya belum terpikirkan oleh pesaing , mengutip ucapan dari Peter F Drucker Guru  “Tujuan utama dari bisnis adalah untuk menciptakan pelanggan….Dan Untuk mencapai tujuan ini, ada dua hal penting yaitu inovasi dan marketing“, kata Peter F Drucker dalam bukunya The Practice of Management. Kata-kata ini sudah dikutip ribuan kali baik oleh para profesional maupun CEO dari perusahaan-perusahaan besar di seluruh dunia. 

Artinya selaku pemilik bisnis anda harus terus merancang inovasi dan marketing yang tepat agar konsumen terus membeli dari anda

Komentar

Postingan Populer