Cara meningkatkan omset jualan kuliner

Cara meningkatkan omset jualan kuliner

Bagaimana cara meningkatkan omset jualan kuliner 3x lipat coach? Ini pertanyaan yang pernah ditanyakan baik peserta workshop strategi meningkatkan omset jualan apapun atau klien yang sedang ikut pendampingan usaha.
Sebelum saya melanjutkan sharing meningkatkan omset usaha kuliner , maka saya ingin sampaikan hal penting dan jika ini dilanggar atau anda lakukan maka anda akan kesulitan dalam meningkatkan omset jualan, tidak perduli anda berusaha dengan beragam cara , kedengarannya mengerikan ya? Memang benar dan ini bukan teori namun terjadi di beragam jenis usaha, namun yang ingin saya ceritakan kejadiannya disini adalah di usaha bidang kuliner atau makanan dan minuman.

Ceritanya ada pengusaha kuliner yang urgent alias terdesak dan ingin omset penjualan warung kuliner khasnya meningkat kalau bisa 3x , jadi kalau sekarang misanya omset warung atau restonya perhari Rp 1 juta maka dalam waktu kurang dari 1 bulan bisa meningkat menjadi Rp 3 juta perhari. Apakah mungkin atau bisa coach? Tanya beliau, maka saya jawab Insya Allah BISA !!. Asal dengan catatan mengunakan system dan strategi yang sudah teruji.

Namun saya katakan jika promosi tidak di imbangi dengan persiapan SDM serta menganalisa hal hal yang akan menjadi potensi masalah jika dilakukan promosi, beliau seakan kaget dan bercampur bingung, maksudnya kalau ramai konsumen bisa menjadi masalah ya coach ? Tanya beliau lalu saya jawab iya.
Namun karena ini urgent maka diputuskan mencoba strategi yang akan saya berikan untuk meningkatkan omset jualan kuliner beliau. Setelah melalui analisa singkat karena beliau diburu setoran baik untuk membayar gaji, vendor dan hutang bank maka diputuskan mencoba.

Maka saya membuat rancangan strategi sederhana dengan menggunakan Instagram dan Facebook untuk menarik pelanggan agar berbondong bondong datang ke café & resto beliau. Tema promosi yang di rancang adalah datang bertiga bisa dapat harga lebih murah disbanding datang sendirian. Kenapa kok dibuat bertiga ? Karena tujuannya membuat ramai dan terjadi viral di social media instagram dan facebook, singkat cerita promosi yang hanya berdurasi 4 hari tersebut sukses , bahkan beliau menyampaikan ke saya selama buka café & resto baru kali ini perhari bisa tembus 3 juta lebih.

Saya tentu senang karena strategi cara meningkatkan omset jualan kuliner beliau berhasil, namun saya juga khawatir , jika banyak pengunjung atau konsumen yang datang namun tidak dipersiapkan sehingga terjadi antrian menunggu giliran menu di sajikan, sementara SDM bagian Dapur kaget belum pernah terjadi ledakan pengunjung yang datang langsung banyak, jadi terjadi kesibukan di dapur yang luar biasa, dank arena menunya ada yang harus di masak langsung agar fresh ditambah kondisi kompor yang kurang maksimal sehingga terjadi complain yang sebagian besar mengatakan pelayanannya lama.
Ini yang saya sampaikan dan khawatirkan terjadi karena terjadi kedatangan pengunjung yang rame dan SDM tidak siap serta belum di persiapkan.

Bagi anda yang ingin mengetahui cara meningkatkan omset usaha apapun bisa mengikuti langkah langkah di bawah ini, ada 5 langkah yang disampaikan oleh Brad Sugar pendiri Action Coach , namun Jay Abraham dan Antony Robbins meringkas menjadi 3 langkah.
Langkah yang pertama kali adalah anda harus memperbesar calon prospek atau calon pelanggan atau leads,  di blog ini pernah saya tulis 200 cara menjaring prospek , anda bisa search di blog ini. Dan akan saya tulis lagi beberapa saja sesuai apa yang saya lakukan untuk usaha kuliner yang ingin omset penjualannya naik.

  • ·   Menggunakan social media , yaitu Instagram dan Facebook, untuk Instagram digunakan 2 (dua) cara yaitu menggunakan iklan instagram bersponsor dan satu lagi menggunakan paid promote,
Saya hanya menggunakan instagram dan facebook itu saja sudah kewalahan belum menggunakan ratusan strategi , bisa gak heboh , hehehe

Tips Instagram, menggunakan photo yang menarik dan menggugah selera serta keingingan yang cukup kuat untuk datang , disini menggunakan metode keterbatasan serta harga special murah. Kalau ada pertanyaan apakah tidak rugi menjual murah? Jawabnya TIDAK ! jika sudah dihitung dan tahu maksudnya menggunakan strategi menjual murah, karena kalau sudah diperhitungkan resiko serta tujuannya , tidak akan membuat rugi justru membuat untung melambung.

Tips : Instagram untuk paid promote anda bisa menggunakan akun yang sesuai topik biasanya akun yang membahas kuliner disebuah kota dan banyak followers aktif, atau bisa juga personal atau orang yang punya pengaruh kuat .
Untuk instagram ber sponsor sama menggunakan photo dan penawaran yang menarik bedanya adalah dengan menargetkan kepada target market yang ada di instagram .
Alhamdulillah saya senang ketika strategi meningkatkan jualan kulinernya sukses , namun penting diingat persiapkan dengan baik agar tidak terjadi komplain.

Saya seringkali mengatakan bahwa mendatangkan pelanggan itu mudah, namun ketika mereka kecewa maka akan sulit untuk membuat pelanggan datang lagi, kalau pun bisa itu butuh upaya yang besar. Semoga sharing cara meningkatkan jualan kuliner dan bisa untuk meningkatkan usaha selain kuliner ini bermanfaat


Komentar

Postingan Populer