Kendala dalam bisnis bakery


Beberapa kalau saya pernah di hubungi pemilik usaha kuliner, bakery atau roti yang berasal dari luar malang dan kota malang sendiri.
Diantara kendala atau masalah yang dikeluarkan adalah makin sepinya penjualan dan makin tipisnya keuntungan karena selalu kasih diskon besar agar orang mau beli.
Ada juga pengusaha toko roti atau bakery yang mengatakan bingung dengan karyawan yang susah di atur, sulitnya mencari karyawan untuk toko roti yang jujur, kerja keras dan loyal.

Banyaknya kendala-kendala dalam usaha bakery atau toko roti membuat pemilik bisnis merasa kebingungan ditambah dengan masalah keuangan yaitu beban tagihan tagihan dari pinjaman yang pernah di ambil, kebanyakan para penguasa tadi menyesal karena terlalu gegabah dalam memutuskan mengambil pinjaman untuk pengembangan usaha.

Tidak jadi pengembangan usaha toko

Memang awalnya saat mau pinjam dana adalah untuk pengembangan usaha bakery atau toko roti. Namun yang terjadi bukannya pengembangan malah menambah beban.
Karena saat nambah modal nambah hutang dan hasil penjualan tidak banyak berpengaruh atau masih dirasa kecil untuk menutup beban dari tagihan-tagihan.

Melakukan pemetaan masalah.
Penting anda menyadari dan mengakui masalah ini terjadi bukan dalam semalam, masalah ini terjadi karena pembiaran atau anda selaku pemilik bisnis bakery / toko roti tidak segera mengambil sikap dengan mengevaluasi dan mencari bantuan, terutama dari pihak luar.

Anda perlu mencatat secara detil setiap masalah dan peluang serta juga mencatat beban keuangan yang menjadi kewajiban atau tanggungan anda.
Jika anda memetakan dengan mencatat setiap masalah maka sebenarnya anda sudah menempatkan masalah dengan tepat yaitu diatas kertas bukan hanya di pikirkan saja.

Masalah keuangan yang minus
Diantara masalah yang sangat pelik atau sulit adalah, dimana perusahaan selalu minus dan kalau sudah dalam kondisi seperti ini maka Owner akan gugup dan cenderung emosional untuk mencari hutang dengan tidak perduli meski bunganya besar dan jangka waktu nya pendek.
Saya menyarankan untuk tetap tenang dan berpikir secara logika dan mengambil keputusan berdasarkan data dan intuisi, karena jika anda dalam kondisi panik maka itu akan memperburuk keadaan

Komentar

Postingan Populer