Seputar masalah SDM

Assalamu alaikum.
Kali saya akan sharing salah satu klien tentang manejemen resiko .
Bahwa setiap perusahaan atau bisnis akan dihadapkan dalam situasi loss and profit dan ketika perusahaan banyak profit nya maka akan surplus namun sebaliknya jika banyak loss nya akan minus .

Ada banyak faktor yang bisa membuat kehilangan profit atau mengurangi profit yaitu karena perusahan harus mengganti kerugian disebabkan kesalahan prosedur oleh SDM .

Untuk dari awal saya mengarahkan untuk membuat bisnis proses dan menganalisa setiap proses dan di buat manejemen resiko .
Setiap area pasti punya resiko untuk itu fungsi menejemen resiko adalah mengantisipasi resiko .
Kalimat antisipasi adalah mencegah sebelum terjadi atau kejadian .

Sebagai contoh salah satu penerapan manejemen resiko di area SDM adalah dengan mempersiapkan strategi jika terjadi perpindahan karyawan baik secara sengaja atau tidak sengaja .
Ada kejadian yang saya temui dimana karyawan lama dan bahkan sangat dekat dengan owner karena memang dari awal ikut merintis , tiba tiba ingin menyatakan resign karena harus ikut suami atau fokus ke keluarga .
Pada saat itu di sampaikan saya konseling CEO / owner dampak jika resign mendadak alhasil di temukan akan menganggu jalannya operasional team produksi .

Maka saya dan ceo membuat strategi agar karyawan tersebut mau stay untuk 6 bulan hingga 1 tahun . Alhamdulilah tidak jadi keluar namun setelah berjalan kurang dari 1 tahun karyawan senior tadi kedapatan melakukan tindakan tidak terpuji semisal mengerjakan proyek pribadi namun menggunakan bahan bahan dan alat kerja perusahaan bahkan memerintahkan anak buahnya untuk mengerjakan proyek pribadi , ternyata ini sudah berlansung lama.

Allah membuka kekurangannya ,maka ....
Bersambung

Komentar

Postingan Populer