Mengatasi hutang bisnis yang menumpuk


Diantara masalah yang saya hadapi saat membantu para klien pemilik bisnis adalah masalah hutang yang bebannya melebihi pemasukan perusahaan. Hal ini karena di masa lalu Owner menjalankan perusahaan dengan asal jalan dan tidak memiliki kompetensi dan strategi untuk membuat perusahaan bisa terus tumbuh tanpa hutang. 

Memiliki bisnis tanpa punya hutang seolah mustahil padahal ini yang harus menjadi prioritas, karena seringkali saat Owner diskusi dengan saya sudah bisnis puluhan tahun dan setelah di bedah bisnis nya ternyata tidak punya uang, yang ada punya hutang. 

Asset yang dimiliki juga banyak di antara nya di beli pakai uang hutang atau di jadikan agunan untuk pinjam bank hutang terus dan terus. 
Mengatasi hutang yang menumpuk tidak mudah, saya ulang lagi mengatasi hutang yang menumpuk sehingga membuat pikiran stress tidak mudah. 

Butuh kesungguhan dan proses yang terus dilakukan, namun insya Allah keyakinan yang kuat terhadap pertolongan Tuhan Yang Maha Kuasa, serta dengan menerapkan strategi dan tools yang sudah Teruji berhasil membantu perusahaan keluar dari kondisi sulit, maka antara 2 - 3 tahun akan nampak Perubahan nya. 
Jika anda saat ini punya problem perusahaan yang mengalami kondisi penurunan dan beban hutang, jangan tunda lama lama segera lakukan evaluasi dan cari bantuan dari pihak luar untuk membantu mengarahkan dan mendampingi anda agar bisa membenahi masalah masalah bisnis anda

Komentar

Postingan Populer