Perubahan SDM


SDM atau Sumber Daya Manusia sangat penting bahkan ini menentukan. 
Karena strategi se hebat apapun kuncinya di orang orang yang menjalankan atau menjadi eksekutor. Kuda yang bagus tanpa Joki yang kompeten maka akan sia - sia.

Perubahan SDM dengan menganalisa mulai dari pertukaran SDM, sampai perubahan perilaku, peningkatan ketrampilan, budaya kerja dan lain lain.Tidak ada perusahaan sukses dan menjadi market leader tanpa memiliki SDM yang handal.Saat perusahaan anda sedang mengalami pendarahan maka yang harus di lakukan adalah mengajak karyawan untuk bekerja lebih efektif dan bekerja keras guna mengembalikan kondisi perusahaan lebih sehat, namun seringkali saya jumpai bahwa justru karyawan karyawan yang telah lama bekerja cenderung memiliki mental block sulit untuk di ajak berubah, memang tidak semua karyawan lama.

Hal ini karena perubahan acapkali menyebabkan kondisi yang tidak nyaman, semisal dengan menambah beban pekerjaan, mengurangi dan atau membatasi jam lembur artinya kondisi lembur harus di kontrol ketat, jika bisa selesai saat jam kerja kenapa harus lembur. Saat karyawan yang sudah lama berada di zona nyaman maka ini akan membuat mereka menolak dengan beribu alasan.

Kalau sudah begitu Solusi nya adalah dengan merekrut tenaga tenaga muda yang mampu bekerja lebih keras lagi dan belum berada di zona kenyamanan.
Kenyataan yang sering saya jumpai saat membantu bisnis yang sedang mengalami krisis, bahwa orang - orang yang bekerja di Kondisi krisis berbeda dengan orang - orang yang bekerja saat kondisi perusahaan sedang mengalami pertumbuhan. Dan seringkali keduanya tidak bisa digabungkan kalau anda tidak ingin pegawai pegawai baru anda ter kontaminasi pegawai pegawai yang lama.

Namun bagi mereka yang siap berubah dan punya loyalitas yang tinggi tinggal di arahkan dan di monitor, diantara area pembenahan yang cukup rumit dan butuh kerja keras memang SDM, apalagi jika perusahaan keluarga dan bisa di bilang di dominasi oleh keluarga Owner yang secara skills kurang kompeten dan tidak mau berubah secara profesional.
Agar Joki atau driver yang menjadi eksekutor dalam perusahaan anda benar-benar sesuai dengan tujuan perusahaan maka anda harus terus melakukan evaluasi. Ingat yang sering saya sampaikan KONSELING - Fix - Release

Komentar

Postingan Populer