Teknologi akan jadi penyebab PHK?

Tulisan ini muncul ketika membaca tabloid kontan yang diantar ke rumah dan kok ya pas dengan obrolan 3 bulanan antara saya dengan salah satu klien yang bergerak dibidang usaha kuliner yang menceritakan kakak beliau yang bekerja di salah satu bank swasta besar nasional mengatakan pada tahun 20xx kantor nya akan menerapkan sistem layanan digital customer servis dan berencana mengurangi karyawan karyawan yang perannya akan diganti dengan teknologi digital.
Saya menghela napas dan mengatakan memang kita tidak bisa menolak  perubahan dan teknologi yang kedepannya akan banyak mempengaruhi semua aspek, baik itu bisnis, hubungan sosial hingga cara hidup.

Di tabloid kontan tersebut memuat wawancara dengan salah satu presiden direktur Bank OCBC NISP yang mengatakan bahwa pengurangan karyawan sebagai bagian dari optimalisasi terkait penyederhanaan proses bisnis agar lebih sederhana dan ramping.
Masih ingat ketika pertama kali gojek muncul di indonesia maka muncul gejolak penolakan dari sisi pengemudi dan pemilik usaha angkutan konvesional namun dari sisi konsumen sangat menerima karena lebih praktis, murah , jelas tarifnya dan drivernya terdata identitasnya.

Ketika anda menjadi pengusaha selalu di tuntut untuk peka dan cepat dalam mengatasi perubahan, strategi jangka panjang bisnis yang mungkin tahun tahun lalu anda gunakan dan berhasil maka di era saat ini akan usang.
Saya sendiri menyaksikan bagaimana pengusaha yang masib terjebak dengan pola pikir kolot akhirnya harus gulung tikar karena di sapu arus perubahan.

Komentar

Postingan Populer