Bahaya sering promosi dengan diskon

Banyak pengusaha UKM yang tidak mengetahui Bahaya sering promosi dengan diskon untuk jangka panjang, saya sendiri ketika melakukan riset di sejumlah bisnis UKM menemukan banyak pengusaha yang melakukan promosi dengan diskon tanpa berpikir jangka panjang yang akan mengakibatkan masalah besar.
Ada sejumlah fakta bahwa ketika saya tanya apakah anda mengetahui seberapa sering anda melakukan promosi diskon bahkan diskon besar sejak awal buka? Ada yang menjawab 1 tahun 3 x , ada yang 1 tahun 5 x , ada juga sering sesuao dengan penjualan, jika penjualan sepi maka formula ajaibnya itu diskon dan BOM penjualan meroket, namun ketika diskon ditiadakan penjulan bisa di hitung dengan jari.
Sisi negatif ketika anda sering mengadakan diskon maka cobalah amati ,konsumen cenderung akan menunggu diskon lagi dan lagi , no diskon no belanja :).
Merek atau brand anda dalam jangka panjang akan semakin menurun , semakin sering di obral diskon semakin murah persepsinya.

Memangkas keuntungan , ini juga masalah besar ketika anda melakukan promosi dengan diskon maka artinya anda memangkas keuntungan, semisal ketika anda menjual produk tanpa diskon keuntungan anda 15% maka ketika anda mengadakan diskon heboh 50% berarti separoh keuntungan anda berkurang, bahkan ketika saya analisa lebih dalam malah ada yang minus , lha dalah piye iki coach :) hehehe.
Terjebak ritme diskon , ini yang sering tanpa disadari bahwa ketika anda mengadakan diskon maka anda akan masuk dalam ritme diskon, anda akan kaget ketika di analisa frekwensi diskon setiap tahunnya semakin besar dibanding tahun sebelumnya begitu seterusnya seperti bola salju.

Muncul pertanyaan klien ,berarti kita gak boleh promosi dengan ngasih diskon? Apakah ada cara membuat promosi tanpa diskon? Apakah bisa menjaga penjualan stabil bahkan naik tanpa promosi diskon?

Menjawab pertanyaan diatas kalau singkat bisa iya bisa tidak tergantung analisa bisnis, produk, proses dan tujuan mengadakan diskon. Saya sendiri membuat catatan ada 30 lebih strategi membuat promosi tanpa diskon , tanpa mengurangi keuntungan namun penjualan insya Alloh tetap bagus.
Di blog ini ada ada lebih ratusan artikel terkait strategi bisnis, marketing, selling, SDM, dll silahkan di share.
Diantara strategi promosi tanpa diskon dari 30 lebih yang saya miliki yaitu diantaranya.
1. Loyalitas .
Program loyalitas ini bisa dalam bentuk memberikan rewards untuk pelanggan setia, kebetulan saya pengguna Garuda untuk penerbangan, dan garuda punya reward untuk pelanggan yang terbang dengan Garuda semakin sering semakin jauh terbang semakin besar rewardnya.

Komentar

Postingan Populer