Banyak cafe kekinian yang tutup

Banyak cafe & resto dengan konsep kekinian yang tutup.
Tidak hanya di kota malang saja saya mengamati trend usaha dan model bisnis ,namun juga di kota kota dimana saya sering traveling , apalagi barometer trend itu ada di kota jakarta, bandung, surabaya, malang dan medan dari 5 kota ini trend menjadi viral dan muncul follower.
Saya tidak sedang membahas untung rugi atau plus minus menjadi followers trend , saya lebih mengamati model bisnis kuliner cafe dan resto tematik yang biasanya 1 tahun itu masih populer dan jadi ajang kumpul anak anak muda.

Kemudian ketika muncul peniru dengan prinsip ATM istilah yang pertama kalai saya tahu dari pak tung yaiti amati tiru modifikasi, maka mulai terjadi pergeseran dan penurunan pelanggan sehingga akhirnya , semakin minus dan tutup.
Kalau anda perhatikan kafe dan resto yang masih berdiri lebih dari 5 tahun dan tetap ramai atau stabil bisa di hitung dengan jari, kebanyakan malah tutup tidak sampai 2 tahun bahkan 1 tahun serta meninggalkan hutang ratusan juta

Komentar

Postingan Populer