Trauma buka usaha sering gagal

Teringat saya ketika di datangi pasangan suami istri yang ingin konsultasi seputar bisnis distributor dan juga pergudangan, yang menyampaikan bagaimana bisnis distributornya harus tutup dan ini membuat trauma yang mendalam disisi lain trauma buka usaha namun di sisi lain harus punya usaha untuk menutup hutang hutang sebelumnya.

Pagi ini saya mendapatkan wa ,dari pengunjung blog sederhana ini ,beliau menyampaikan sudah beberapa kali buka usaha dan juga beberapa kali gagal.
Beliau ingin membuka usaha lagi,  tapi takut gagal lagi dan juga bingung mau usaha apa yang cocok.

Hal diatas mirip dengan cerita awal ketika saya di datangi pengusaha yang memutuskan buka usaha kuliner, meski tidak paham seluk beluk usaha kuliner namun ingin buka dan meminta saya dampingi, awal awal beliau takut usaha kuliner juga mengalami hal yang sama, namun Alhamdulillah tidak terjadi bahkan sejak buka pertama hingga masuk bulan ke 4 sudah melampaui target harian yang awal di canangkan.
Membuka bisnis dan membuat bisnis tumbuh sehat berkembang itu beda penanganannya , terutama bagi yang sudah usaha lebih dari 5 tahun namun tetap stagnan dan masih merasa berat dengan hutang hutang artinya bisnis semakin menurun maka harus segera berubah dan pembenahan secara terus menerus

Komentar

Postingan Populer