Adakah bisnis yang tidak bermasalah?

Seringkali saya mendengar pak bisnis saya bermasalah, ada yang baru menjalankan usaha atau bisnisnya kurang dari 3 tahunan ada yang sudah 5 tahun ada yang lebih 5 tahun dan juga ada yang sedang menjalani tahun ke 10, pertanyaanya adakah bisnis yang tidak mengalami masalah?
Apakah hanya bisnis yang baru buka mengalami masalah?
Apakah bisnis yang sudah 5 tahun atau bahkan 10 tahun tidak punya masalah?
Setiap bisnis tentu punya masalah baik yang baru buka maupun yang sudah lama buka, masalah bisnis selalu ada selama anda memang masih membuka bisnis.

Barusan saya mendapat kontak dari pengusaha yang baru mengenal saya via mbah google :) dan sudah membaca artikel artikel yang jumlahnya ratusan artikel. Beliau mengatakan trauma sudah bisnis cukup lama namun selalu gagal dan ingin mencari solusi apa yang menyebabkan gagal.
Di blog ini juga pernah saya tulis artikel tentang membuat bisnis gagal dan kalau saya ringkas dalam 1 kalimat yaitu karena tidak punya uang cash sebab tidak ada penjualan.

Kenapa tidak ada penjualan?
Karena ditinggalkan pelanggan?
Kenapa ditinggalkan pelanggan?
Karena pelanggan merasa tidak punya VALUE ketika membeli atau berbisnis dengan perusahaan anda.

Ketika pelanggan tidak mendapatkan VALUE maka pelanggan akan memindahkan isi dompetnya kepada kompetitor anda, artinya tidak lagi membeli dari anda.
Dan ada fakta menarik dalam dunia bisnis dan ini juga bisa terjadi di bidang bisnis lainnya, kali ini saya ambil contoh misalnya di bisnis kuliner.

Belum tentu kuliner yang rasanya tidak seberapa enak itu akan tutup :)
Belum tentu kuliner yang harganya murah pasti ramai.
Belum tentu kuliner yang tempatnya kurang nyaman untuk makan itu sepi pembeli?
Pasti anda pernah mendengar atau bahkan melihat/mendengar yang saya sebutkan diatas.

Saat ini sudah terjadi perubahan yang luar biasa dimana bisnis yang bahkan 7 atau 10 tahun lalu sangat banyak memiliki pelanggan, lalu sudah mulai kehilangan sejumlah besar pelanggan.
Punya bisnis plan ternyata dalam perjalanan bisnis seringkali tidak tercapai
Siapkah anda mengantisipasi perubahan yang sangat cepat di tahun 2018 bahkan mungkin bisnis anda yang awalnya menjadi market leader lalu akan mulai ditinggalkan pelanggan.
Bagaimana mengantisipasi agar bisnis anda tidak sampai terjun bebas?
Jawabannya adalah dengan terus peka, sigap dan punya VALUE

Komentar

Postingan Populer