Dealer motor besar bisa tutup

Ketika saya di beritahu teman bahwa salah satu dealer motor di kota malang yang dulu sangat ramai akhirnya tutup, saya tidak kaget karena saya sudah mendengarkan kabar itu langsung dari pegawai lama dealer itu yang telah menjadi langganan saya.
Namanya bisnis bisa tutup apapun jenis bisnisnya.
Banyak faktor yang membuat bisnis itu tutup dan di era disruption atau disrupsi ini , pengusaha yang dulu berjaya menguasai market dan punya basis pelanggan loyal bisa kalah dengan pengusaha baru.
Saya sendiri ketika menjadi konsultan pembenahan bisnis yang bisa dikatakan 90 persen bisnis yang saya tangani itu parah karena mengalami masalah keuangan yang serius dan terancam tutup juga punya masalah kronis yaitu mindset, pola pikir dan tingkat adaptasi perubahan yang lemah.

Seringkali pengusaha merasa nyaman dan tidak siap dan peka terhadap peruban perilaku konsumen dan perubahan pasar, akibatnya ketika banyak pemain baru masuk dengan konsep yang lebih menarik dan membuat pelanggan merasakan value sehingga memilih pindah dari langganan mereka, pengusaha ini tidak siap dan malah yang di fokuskan nambah hutang, sama dengan bak bocor bukan di tambal malah kran airnya di kencangin makin deras dam bocornya makin besar sehingga air terbuang mubazir.

Bisnis dealer motor, mobil juga bisa tutup dan ditinggalkan pelanggan jika anda tidak siap dan peka.

Komentar

Postingan Populer