Bisnis yang sudah 30 th terancam tutup

Bisnis yang sudah lebih dari 30 tahun terancam tutup.

Sore ini sambil ngopi di kopi O saya ketemu dengan pengusaha yang menceritakan kendala usaha yang sudah dirintis oleh kakek beliau lalu di teruskan ayahnya dan kini kondisi penjualan semakin sepi.

Jenis bisnisnya adalah pembuatan seperti sambal plastik dan saus untuk kebutuhan para pedagang bakso, mie, nasi goreng dll.
Saya kaget bagaimana bisnis yang dibangun sejak lama ini masih mengalami kendala di penjualan.
Dari analisa awal saya menemukan banyak masalah mulai management dan strategi sales marketing dan Branding yang tidak di jalankan .
Semuanya dijalankan secara manual, saat saya tanyakan kenapa kok penjualannya menurun, beliau mengatakan bahwa hal yang paling memukul adalah beberapa pelanggan yang biasanya mengambil banyak, tiba tiba berhenti membeli dari beliau.

Dan ini tidak di antisipasi sehingga sangat berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis beliau.
Memiliki bisnis yang berjalan dengan baik serta tumbuh sehat tanpa hutang dan tanpa riba butuh kerja keras, setelah merumuskan strategi dan action plan, anda harus melakukan secara konsisten dan terus menerus di monitor.

Beliau mengatakan akan meminta bantuan saya setelah salah satu unit bisnis nya yang sedang sekarang bisa kembali pulih, karena punya bisnis dan hutang hingga berbunga itu tidak enak.
Lebih enak jika bisnis itu tanpa hutang dan jika ekspansi beli aset atau buka cabang baru tidak perlu pakai hutang bunga ber bunga.

Kembali ke bisnis yang sudah 30 tahun kemudian menyusut, maka saya sarankan untuk menganalisa secara detil dan mendalam, dan memang perlu biaya untuk memperbaiki bisnis serta perjuangan dengan kerja keras dan cerdas‎.

Anda harus memiliki Mind set yang tepat dan produktif. Lakukan analisa di area operasional, SDM, Sales,  Marketing, Keuangan, Distribusi, intinya analisa di semua area usaha atau bisnis anda 

Komentar

Postingan Populer