Banyak yang terancam bangkrut


Sebuah kalimat yang dianggap mengerikan yaitu Terancam Bangkrut dan masih meninggalkan hutang banyak!.
Sekitar 3 hari lalu saya pernah di WA pengusaha yang bisnis nya bidang mebel dan furniture yang telah berdiri 7 tahun, yang menyampaikan kondisi bisnis mebel dan furniture nya sedang merosot. 
Saya jadi teringat bahwa pernah juga pengusaha dari jawa tengah yang memiliki usaha springbed juga menyampaikan hal yang sama, yaitu kondisi penjualan yang semakin menurun dan tentu jika hal ini terus di biarkan maka akan berakibat fatal yaitu tutup, jika sekadar Tutup atau bangkrut tanpa meninggalkan hutang tidak terlalu masalah besar. 
Namun yang menjadi masalah besar kebanyakan pengusaha termasuk yang pernah saya temui adalah pengusaha furniture adalah banyak menggunakan hutang bank, sehingga saat penjualan sepi dan tidak punya cukup pemasukan maka akibatnya pasti tutup dengan masih menyisakan hutang. 

Semakin banyak saya bertemu dengan pengusaha yang menjalankan bisnis atau usaha dengan tanpa ilmu bisnis yang tepat, kebanyakan ilmu hutang dan sedikit dikit cari hutang untuk bayar hutang, 1 tahun, 2 tahun tidak terasa namun setelah lebih dari 3 tahun ada yang baru menyadari bahwa bisnis semakin sulit. 

Selama ini saya sering bertanya kepada banyak pengusaha, apakah punya free Cash Money? Jawabnya tidak punya !
Apakah punya hutang bunga ber bunga! 
Jawabnya banyak sekali pak! 

Saya menyarankan untuk mulai membenahi bisnis / perusahaan nya dengan mengambil bantuan konsultan bisnis yang sudah Teruji berhasil membawa perubahan peningkatan bisnis, namun kendala utama atau hal yang sering dijumpai adalah tidak punya uang atau anggaran dan itu sebenarnya masalah besar, karena menjalankan bisnis tanpa strategi yang baik malah justru pada akhirnya hanya buang buang uang dan waktu. 

Saran saya bagi anda yang punya kendala bisnis dan siap untuk investasi program pembenahan bisnis itu langkah yang tepat. 
Bagi yang tidak memiliki biaya / dana, masih ada cara / jalan yaitu dengan anda membuat evaluasi hal hal apa yang membuat anda menjadi di tinggalkan pelanggan, karena seringkali pengusaha UKM lupa bahwa bisnis itu penuh dengan persaingan, setiap bulan selalu ada pemain / bisnis baru yang ikut meramaikan, jadi anda harus mulai pasang telinga, pasang mata dan Waspada. 
Jangan mudah terlena dan berpuas diri, Pepatah buka usaha itu mudah namun membuat usaha itu berkembang dan tanpa terlilit hutang itu bukan perkara mudah!

Komentar

Postingan Populer