Cara memperbaiki keuangan bisnis

Menganalisa Kesehatan & Kekuatan Bisnis Dengan Cepat.

Copyright Budi Santoso www.Abahanto.com

CoachSantoso.blogspot.com 

AmpuhIndonesia.com

(protected only for private client/user)

Area Marketing & Sales

Berapa jumlah customer/pelanggan baru anda dalam 1 bulan ? 3 bulan?

Berapa jumlah customer/pelanggan lama yang terus membeli dalam periode 1 bulan? 3 bulan 1 tahun ?

Berapa rata rata total pembelian per customer/pelanggan ?

Berapa jumlah repeat order dalam 1 bulan 3 bulan 1 tahun?

Berapa banyak customer/pelanggan lama yang tidak kembali lagi atau membeli lagi?

Darimana sumber (media) pelanggan baru anda mengetahui tentang bisnis / penawaran anda? 

Di perusahaan anda siapa yang paling bertanggung jawab terkait hal diatas?

Apakah anda mengetahui biaya membeli (akusisi) pelanggan baru? 

Apakah anda mengetahui biaya menjaga (keep) pelanggan?

Apakah anda mengetahui total proyeksi pembelian pelanggan dalam 1 tahun bahkan lebih?

Berapa budget Marketing yang anda keluarkan dalam 1 tahun? Dan bagaimana anda menyusun dan membelanjakan budget atau anggaran tersebut?

Apakah anda mengetahui detil tentang pelanggan ideal anda? Ceritakan bagaimana anda membuat pendekatan 5W (who, where, what, why , when) + 1H (how) untuk merancang strategi marketing & sales yang efektif bagi produk/jasa anda.

Apakah anda memiliki GRADE pelanggan/customer sesuai dengan nilai transaksi dan loyalitas pelanggan anda?

Apakah anda memiliki keunggulan kompetitif yang sulit ditiru oleh kompetitor anda? Dan keunggulan yang membuat pelanggan tetap memilih anda ?

Apakah anda mengikuti trend industri/bisnis di dimana anda terjun ini?

Menurut anda apakah ada ancaman dalam 3 tahun atau 5 tahun mendatang terkait industri / bidang bisnis anda dikarenakan ada perubahan yang berpotensi menganggu pola konsumen (sebagai contoh gojek yang menganggu pola bisnis model transportasi)

Apakah anda mengetahui dengan pasti HPP(Cost of Goods sold) ? Gross Profit Margin? dan sudah tepat?

Apakah anda menerapkan kenaikan harga secara berkala atau mengikuti pasar? 

Apakah anda pernah terkendala atau mengalami masalah ketika menaikkan harga jual semisal penjualan menjadi menurun?

Apakah anda mengetahui berapa biaya tetap yang menjadi beban perusahaan tiap bulan?

Apakah anda memiliki Marketing Plan dalam 1 tahun? dan apakah sudah dirasakan efektif dalam arti sudah sesuai dengan target omset (revenue) perusahaan? Dan berapa prosentase yang berhasil dicapai dalam perencanaan target marketing & sales tahunan?

Apakah anda sudah menemukan blue print (cetak biru) sukses strategi marketing dan sales yang terbukti berhasil meningkatkan omset sales di masa lalu (beberapa tahun lalu) dan kini ketika dilakukan sudah tidak berdampak? Atau jika masih berdampak apakah masih dijalankan?

Berapa prosentase kenaikan omset per tahun yang bisa dihasilkan ? atau malah stagnan ? 

Jika ada penurunan omset tahunan dalam periode berapa tahun terakhir?

Jika ada penurunan sales (omset) Apakah anda tahu penyebab penurunan omset itu? Jika terkait kompetitor dan perubahan kebijakan pemerintahan sebutkan secara singkat.

Apakah anda menggunakan tenaga profesional dalam membuat iklan/advertising online/offline diluar staff sendiri? 

Berapa budget yang anda keluarkan untuk menghire agency advertising? Dan apakah dampaknya sudah sesuai target? (sertakan laporan)

Apakah anda memiliki database pelanggan yang tercatat/terdata dengan rapi?

Apakah anda memiliki divisi tim marketing dan sales person?

Apakah divisi marketing dan sales menjadi satu atau terpisah? Mohon lampirkan struktur divisi sales dan marketing. 

Tuliskan atau lampirkan job desc dari divisi marketing dan sales ?

Bagaimana performa mereka selama bekerja apakah meningkat setiap tahun , stagnan atau malah menurun?  Siapakah yang bertanggung jawab terhadap performance tim sales person? 

Apakah tim sales person mendapatkan training dan coaching sertan konseling secara berkala? 

Dari total tim sales person anda berapa persen yang layak di sebut memiliki kinerja sangat bagus atau layak disebut Sales Star?

Apakah anda memiliki sales funnel dalam strategi marketing anda?

Apa yang paling menjadi kendala di divisi tim sales departmen jika ada sebutkan?  

Apakah anda merasa harga yang anda terapkan/jual itu sudah tepat atau masih di bawah kompetitor / market?

Apakah di divisi sales person sering ada rekrutmen ? atau sudah lebih 2 tahun komposisi tim sales person tetap orangnya?

Apakah tim sales person di bekali dengan sales scripts dan role play berkala?

Semisal hari ini anda mendapati ada kompetitor baru yang menjual produk/jasa sama dengan anda dengan harga 25 persen bahkan 30 persen lebih murah apakah anda panik atau tidak ?  

Jika anda panik apakah anda ikut menurunkan harga minimum sama dengan kompetitor ? atau lebih murah ? dan anda tahu konsekwensi kepada profit?

Apakah anda mengetahui atau memiliki data terkait peta penyebaran Brand/merek anda? 

Apakah anda mengetahui atau memiliki data terkait kekuatan Brand/merek anda ?

Apakah anda pernah mengalami kejadian luar biasa tiba tiba dimana Brand / merek anda menjadi viral positif atau negatif? Mohon ceritakan 

Apakah anda sudah mendaftarkan identitas brand anda di HAKI?

Jika belum sebutkan alasannya? Atau jika anda distributor atau reseller beri keterangan brand induk.

Apakah dalam bisnis anda , ada sangkut paut dengan status HALAL MUI atau lembaga sertfikasi terkait?

Apakah anda pernah mengadakan survei atau fokus grup diskusi terkait brand/merek anda di benak konsumen?

Apakah anda memiliki model brand/merek yang menjadi top lokal / nasional yang sama dalam industri atau bisnis anda?


Area Keuangan

Apakah anda mengetahui OPEX atau operating expense atau biaya operasional setiap bulan? 

Apakah anda pernah mengalami kondisi dimana anda mengalami kesulitan membayar gaji karyawan dan tagihan vendor/suppier ? Sebutkan penyebabnya secara yang anda ketahui?

Jika pernah mengalami kondisi kesulitan membayar gaji karyawan dan tagihan sebutkan terjadi berapa kali selama anda bisnis di tahun berapa ? 

Dan ketika mengalami kondisi kesulitan apakah anda pernah mengambil hutang riba (berbunga) dan no riba  (pinjaman tanpa bunga)

Dari total Gross Profit berapa ratio prosentase OPEX (biaya operasional)?

Apakah anda memiliki strategi dalam mengurangi OPEX atau biaya operasional 

Apakah anda memiliki hutang riba (bunga) ? dan sudah berapa lama jika ada? 

Apakah anda merasakan dampak kesulitan/masalah dari hutang riba tersebut?

Apakah anda punya keinginan/gol untuk menutup hutang riba (bad debt) dalam beberapa tahun kedepan?

Apakah anda pernah menjual asset untuk menutup hutang bisnis anda?

Apakah anda memiliki tim untuk divisi finance & accounting?

Apakah anda menggunakan software akunting ? sebutkan nama jika ada ? atau sebutkan jika masih menggunakan excell?

Apakah anda merasakan laporan keuangan anda sudah tepat, transparan, realtime bisa anda baca kapanpun anda mau?

Apakah anda membaca laporan keuangan terlebih dahulu sebelum membuat keputusan bisnis?

Ketika anda membeli asset atau melakukan ekspansi bisnis atau peremajaan alat / mesin produksi menggunakan uang bank ? jika tidak sebutkan sumber nya

Apakah ada evaluasi dan audit berkala untuk mengetahui kondisi real cash perusahaan ?

Apakah pernah terjadi fraud atau tindakan penyalahgunaan keuangan atau penyelewengan keuangan (korupsi/pencurian) di perusahaan anda? 

Apakah ada hal urgent / penting yang ingin anda selesaikan dalam 6 bulan kedepan terkait keuangan ? jika ada sebutkan 

Apakah anda memiliki forecasting/proyeksi pemasukan dan pengeluaran dalam 12 bulan ? ... dan apakah anda melakukan monitoring akurasi terkait forecasting tersebut?

Sebutkan jenis laporan keuangan yang anda miliki di bisnis sebagai dashboard atau indikator posisi keuangan perusahaan.

Apakah di perusahaan anda pernah mengalami kondisi stok menumpuk ?  dan apakah ada dampak terhadap keuangan bisnis?

Apakah di perusahaan anda melakukan audit berkala stok opname dan ter hubung dengan laporan keuangan?

Apakah anda sudah memiliki prosentase untuk alokasi saving untuk pertumbuhan bisnis dari keuntungan bisnis?

Berapa persen kenaikan beban biaya (opex) per tahun rata rata dari sejak awal perusahaan atau 3 tahun terakhir.

Terkait vendor / supplier apakah ada strategi transparansi penunjukan atau kewenangan penuh dari owner / pemilik melalui penunjukan langsung? 

Apakah ada review kepada vendor/supplier terkait harga , kualitas dan layanan ?

Berapa lama termin pembayaran yang dibayarkan kepada vendor/supplier? Dan berapa lama anda mendapat termin pembayaran dari vendor/supplier?

Apakah anda memiliki sistem monitoring penagihan ? apakah manual atau otomatis?


Area SDM & Operasional

Apakah anda memiliki Model Struktur Organisasi ? mohon lampirkan?

Sudah berapa lama struktur organisasi ini ? apakah ada review & perubahan dalam kurun waktu tertentu atau kondisi tertentu?

Apakah dalam merekrut TIM/Karyawan anda menggunakan jasa rekrutment? Atau cukup dari pihak internal perusahaan semisal HRD?

Apakah perusahaan sudah memiliki sistem rekrutmen, kelola dan pemecatan karyawan?

Apakah ada training, coaching dan konseling untuk team ? apakah secara berkala (agenda) atau berdasarkan kondisional?

Apakah ada upaya dari perusahaan untuk menciptakan semboyan Great Brand Always  Having Great Team (Right People, Righ Place)

Apakah dalam 1 tahun terakhir pernah ada karyawan yang terkena SP hingga pemecatan?  Jika ada berapa lama dan bagaimana prosesnya ?

Apakah pernah ada tuntutan dari karyawan terkait kebijakan perusahaan sehingga mengakibatkan demo ? seberapa parah jika ada dan apakah berdampak kepada operasional perusahaan ?

Apakah semua karyawan di lengkapi dengan kontrak kerja dan juga peraturan perusahaan serta visi misi dan budaya perusahaan?

Apakah ada skema jenjang karir di perusahaan dan bagaimana penerapan evaluasi kinerja karyawan?

Sebutkan apakah ada karyawan yang lebih dari 5 tahun dan merasa betah bekerja?

Terkait upah gaji apakah mengikuti peraturan pemerintah atau menyesuaikan dengan kemampuan perusahaan?

Apakah setiap divisi atau departmen memiliki SOP (standard operating procedure)?

Ceritakan bagaimana langkah awal pembuatan SOP dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan 1 (satu) SOP itu?

Dan apakah SOP tersebut diterapkan atau hanya sekadar wacana dan belum pernah benar – benar di terapkan?

Jika tidak atau belum pernah diterapkan sebutkan alasan yang disampaikan per divisi atau karyawan terkait hal ini?

Apakah setelah SOP itu jadi , dilakukan audit dan evaluasi berkala untuk mengetahui atau memastikan jika SOP tersebut sudah sesuai dan efektif?

Apakah ada PIC atau orang yang bertanggung jawab per divisi/department terkait SOP dan penerapannya?

Apakah dalam setiap divisi yang direkrut sudah menerapakan pola karakter & kompetensi ? misal untuk karyawan sales person karakter & kompetensi berbeda dengan bagian keuangan.

Apakah di perusahaan anda sudah memiliki Key Performance Indikator & Monitoring atau Rapor untuk seluruh TEAM? Jika sudah lampirkan dan apakah sudah dirasa efektif?  dan jika belum jelaskan apa yang menjadi kendala dalam pembuatan Rapor Tim

Apakah dalam bisnis anda sudah berjalan AutoPilot dalam artian meskipun anda tidak hadir atau datang ke kantor selama 3 bulan penuh tidak ada kendala di operasional bisnis? Bagaimana jika anda tidak datang ke kantor dalam 1 tahun apakah juga bisnis bisa terus berjalan dengan baik? Jelakan jika apa yang akan terjadi jika sebagai pemilik bisnis tidak datang ke kantor. Atau jika sudah AutoPilot dan berjalan tanpa kehadiran anda.

Apakah perusahaan memiliki visi misi dan motto ?

Apakah ada kaderisasi jabatan di perusahaan ? atau langsung merekrut dari eksternal?

Apakah perusahaan memiliki agenda meeeting berkala ? setiap berapa minggu atau berapa bulan sekali ? dan apa yang menjadi tujuan atau gol agenda meeting tersebut?

Apakah ada isu atau masalah yang sangat penting di operasional yang ingin diselesaikan dalam 6 bulan kedepan?

Apakah dalam bisnis anda ada proses produksi ? jika ada jelaskan atau lampirkan flowchart dan  prosesnya

Apakah dalam bisnis anda ada proses pengiriman? Jika ada jelaskan atau lampirkan flowchart dan prosesnya


Area Menejemen Resiko & Perbaikan Berkesinambungan

Apakah bisnis anda memiliki menejemen resiko di setiap divisi kebakaran, pencurian dan kerugian?

Apakah ada pernah terjadi kasus dimana perusahaan harus mengeluar uang dalam jumlah besar yang tidak terduga diakibatkan kelalaian ataupun karena urusan dengan peraturan perundangan?

Apakah perusahaan anda memiliki menejemen berbasis CANI = Continous and never ending improvement ?


Catatan Tambahan

Jika ada yang ingin ditambahkan maka silahkan untuk analisia dan penanangan bisnis anda 



Komentar

Postingan Populer