Punya hutang 10 milyar & asset hanya 5 milyar

Bingung, galau stress dan cenderung ke pemikiran negatif ketika orang terlilit hutang. Semisal seorang pengusaha yang punya hutang 10 milyar dan asetnya hanya 5 milyar, atau ada juga pengusaha yang hutangnya 8 milyar dan asetnya ga sampai 4 milyar. Ketika konsultasi maka hal yang selalu minta ceritakan dengan jujur adalah asal muasal mulai bisnis, dari modalnya apakah ada yang hal hal yang di larang oleh Alloh, hingga cara mengelola perusahaan sampai jatuh dalam lilitan hutang dan riba.

Hampir sama semua yang terlilit hutang riba yaitu tidak sabar, meninggalkan perintah Alloh dan menjalankan perusahaan dengan sembarangan tidak punya kapasitas yang pas.

Saya tadi habis mengobrol dengan sahabat di sebuh cafe milik klien , saya membahas tentang stratategi melunasi hutang prinsip tauhid dan sunnahtullah serta kapasitas.
Semisal contoh ada pengusaha catering yang kapasitasnya maksimal 200 porsi lalu mendapatkan tender 1000 porsi pertanyaanya apakah rejeki besar tersebut tidak akan menjadi masalah? Jawabannya bisa tidak dan iya menjadi masalah besar, ketika pengusaha yang kapasitas ilmu dan persiapannya hanya 200 porsi lalu mendapat 1000 porsi.

Atau hal yang jelas seperti kasus first travel yang mendapatkan amanah di percaya untuk menjadi penyelenggara umroh namun kapasitas ownernya tidak mampu mengelola dengan baik dana ratusan milyar.
Kapasitas karakter ,mental, skills dan SDM sangat berpengaruh, kalau di kasus first travel ini ownernya ingin merasakan uang jamaah tanpa berpikir menyelesaikan dulu amanah, dan ini banyak terjadi di pengusaha yang konsultasi, sering saya contohkan ada pengusaha cafe dan resto yang waktu punya 1 ,bisa menikmati hasilnya, bisa melayani pelanggan dengan baik dan bisa mengelola bisnis dengan baik, muncul masalah ketika mulai nambah 1, 2, 3 cabang hingga puluhan, akhirnya terlilit hutang.

Maka ketika anda ingin mendapatkan rejeki besar semisal dapat banyak uang dengan banyak cabang jika tanpa di imbangi dengan kapasitas anda maka di pastikan akan bermasalah, sama dengan kisah pengusaha kontraktor yang harus menanggung rugi dan hutang besar karena tidak mampu menyelesaikan proyek. Semoga manfaat dan praktekkan Insya Alloh hutang anda pasti lunas ! ALLOHU AKBAR !

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer