Persaingan harga dan menurun laba

Pengusaha akan selalu di tuntut untuk terus bisa survive bahkan tumbuh dan surplus dalam kondisi ekonomi apapun kalau tidak ingin tutup bangkrut.
Saat saya di minta membantu bisnis bidang kuliner , baik yang sudah berdiri 7 tahunan dan baru akan buka, saya menemukan persamaan keduanya dan juga perbedaan kebutuhan dan tingkat kesulitan antara usaha kuliner yang baru akan buka dan usaha kuliner yang sudah buka 7 tahunan.

Kuliner yang sudah lebih dari 7 tahun memiliki masalah yang serius tentang bagaimana membuat bisnis mereka yang semakin menurun dikarenakan mulai banyak munculnya kompetitor atau pesaing istilahnya yang mencontek persis atau mencontek dengan modifikasi.

Saya pernah menulis beberapa tahun lalu tentang prilaku konsumen di kota malang memamg saya prioritaskan karena klien2 saya terbanyak di kota malang.
Mengenai kuliner di kota malang cukup menarik untuk di analisa dan di kaji bahasa kitabnya.
Konsumen kuliner di kota malang unik, saking uniknya banyak brand kuliner dari luar kota malang yang tidak bertahan lama. Ada yang 2 tahun tutup, ada yang 2 tahun lebih dan sangat sedikit yang bisa seperti brand sekelas KFC, Mc D, Pizza Hut.

Mengapa banyak brand luar yang jika diperhatikan sukses di luar kota malang dan tersebar banyak namun di kota malang kok gagal? Hal ini sudah pernah saya tulis tentang perilaku konsumen di Malang yang punya perbedaan dalam membelanjakan atau memilih kuliner.
Ketika brand tidak lagi menjadi pilihan utma dan persaingan harga semakin seru ,maka pengusaha kuliner harus melakukan analisa lagi terhadap strategi2 mereka dan cara menyampaikan ke konsumen.

Ketika saya menulis ini semalam melewati jalan dan melihat ada gerai atau cabang ayam xxx yang pernah saya temui di batam beberapa tahun lalu dan ada di surabaya dan ternyata masih eksis di malang meski di gempur usaha kuliner dengan konsep kekinian.
Sedangkan ada kuliner baru dengan konsep unik dan tema mengusung jadul alias tempo dulu yang hanya bertahan tidak sampai 2 tahun, padahal lokasi.strategis.jalan besar dan parkir oke.
Apakah mereka yang tutup tidak ber inovasi? Jawabannya jelas mereka inovasi dengan beragam konsep dan tema yang berbeda sudah dilakukan.

Apakah mereka punya strategi? Saya rasa pasti punya, namun strateginya tidak menghasilkan respon yang seharusnya di kaji ulang. Persaingan kuliner di kota malang memang sengit dan unik , maka perlu pendekatan dan cara berpikir yang beda namun tetap ke tujuan utama bisnis

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer