Sabar ketika menghadapi kebangkrutan

Sabar ketika menghadapi kebangkrutan adalah hal yang penting bahkan disinilah letak ujian apakah anda memang layak menjadi sukses atau tidak? karena diantara syarat sukses adalah kemampuan bersabar dalam menghadapi masalah, tantangan, ujian , kendala dan sejenisnya. Ketika perusahaan atau bisnis anda sedang menuju kepada kebangkrutan hal yang paling pertama harus anda lakukan adalah menerima kenyataan ! anda harus menerima kenyataan bahwa bisnis anda sedang sakit atau mengalami masalah.  Jangan menolak keadaan masih tetap merasa bisnis anda baik baik saja.

Kedua adalah bersedia berubah !
Kenapa harus siap dan mau berubah? sebab terbukti dengan adanya penurunan bisnis itu artinya adanya perubahan maka selaku owner anda harus yang paling pertama menyatakan siap berubah ,agar saat proses pembenahan bisnis anda siap dan komitmen. Banyak pengusaha yang mengalami kendala bisnis namun tidak mau berubah, ketika diajak diskusi dan disodorkan hasil analisa dan pemetaan masalah masalah bisnis yang disertai data data akurat masih saja tidak mau berubah, tetap dengan prinsip sama, pola pikir sama, strategi sama , padahal itu semua terbukti tidak membawa perubahan ke yang lebih baik.

Ketiga adalah Bersabar !.
Ini paling penting dan menjadi kunci keberhasilan, sabar memang tidak mudah karena ego dan nafsu manusia yang selalu mengarah dan mengajak kepada tergesa-gesa, contoh tindakan tidak sabar adalah saat melakukan ekpansi bisnis dengan membuka outlet atau cabang yang dilakukan tanpa pertimbangan dan kesabaran , ini sering saya temukan , akibatnya begitu punya banyak cabang ternyata mulai banyak muncul masalah, namanya masalah tidak langsung muncul seketika biasanya mengendap dalam 1 tahun dan 2 tahunan, ini ibarat penyakit kanker yang tidak langsung membesar dan menyebar dalam waktu hitungan hari tapi proses, begitu juga orang yang terkena sakit kolesterol akibat pola makan itu terjadi akibat proses yang lama, bukan seketika makan makanan berlemak langsung sakit kolesterol namun sekali lagi terjadi sekian lama.

Saat anda menemukan masalah masalah bisnis dan sudah membuat rencana strategis untuk mengatasi maka anda perlu bersabar dalam melakukannya tidak langsung semua ingin selesai dalam tempo singkat sebab sebuah proses itu berkaitan dengan banyak hal dan perlu di tes atau di uji dampaknya.
Ketika anda sabar dalam proses pembenahan atau penyembuhan maka hasilnya bisa anda rasakan, namun ketika anda mudah panik , bingung dan berubah ubah pikiran dalam hitungan hari bahkan jam, maka yang terjadi masalah akan terus muncul dan bertambah.

Ada pertanyaan gimana saya bisa tetap tenang dan sabar menghadapi masalah? Jawabannya jelas ada di Al Qur'an dan hadits ada semua itu. 
Pertama anda tafakuri ayat dibawah ini.
45- Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) salat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk,
46- (yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya. (Al Baqarah 45-46)
Hidup ini memang di desain oleh Alloh penuh dengan ujian / cobaan masalah , jadi kalau ingin hidup tanpa punya masalah juga tidak mungkin , begitu anda lahir saja sudah ada masalah , contoh sebagaian orang mengangap anaknya lahir itu berkah dan masalah, loh kok begitu ? buktinya ada yang dibuang , buktinya ada yang sampai hutang untuk kelahiran anak, artinya saat anda dilahirkan disatu sisi membawa berkah kegembiraan namun disisi lain bisa membawa masalah hehehe , 

Para Nabi dan Rosul juga tidak luput dari cobaan & masalah, para tokoh tokoh hebat juga mengalami kondisi atau keadaan berat, para pengusaha sukses saat ini tentu 20 tahun lalu juga sudah melewati masa masa berat , jadi jangan terlalu merasa paling susah  hanya anda yang punya masalah, bahkan yakinlah masih banyak yang lebih berat masalahnya dibanding anda dan anda harus ingat bisnis itu memang selalu ada masalah ingat itu !

Kedua anda perbaiki ibadah, banyak baca istighfar, shalawat nabi, baca al qur'an, mengeluarkan zakat dan sedekah !.

Selanjutnya hal yang tidak kalah penting untuk mengatasi bisnis yang mengalami masalah dan menuju kebangkrutan adalah mencari bantuan orang lain untuk membantu menganalisa masalah perusahaan , memetakan kendala serta membuat rencana rencana perbaikan , terakhir dan saya tegaskan adalah Sabar mengikuti proses dan yakinlah pertolongan Alloh itu dekat dan pasti datang!
Ingatlah juga bahwa kejadian yang anda hadapi adalah cara untuk membuat anda lebih baik lebih sukses dan lebih bijaksana.
Doa, Ikhtiar, Sabar & Tawakal kunci melawati cobaan 
Ingatlah Firman Alloh :
“Dan, Allah mencintai orang-orang yang sabar”. [Ali Imran : 146]
Mari kita terus tanamkan tauhid dalam berbisnis dan bisnis dengan cerdas serta niatnya karena Alloh 



Komentar

Postingan Populer