Persaingan bisnis oleh oleh di Malang

Kota Malang ibarat bisa di sebut kota Gadis yaitu singkatan dari perdagangan, pendidikan dan Bisnis. Kota malang terus menarik artis dan publik figur untuk mencoba membuka usaha di kota malang ini. Saat ini ada toko oleh oleh baru yang di miliki oleh Krisdayanti dengan merek Makobu, ini menambah sederetan artis yang buka usaha kuliner di kota malang ini, setelah teuku wisnu dengan malang strudelnya yang kerjasama dengan pengusaha malang dan luar malang, lalu anang ashanti dengan toko oleh oleh asix kini , krisdayanti dengan makobu.

Dulu ketika orang membawa oleh oleh khas malang maka yang dibawa adalah kripik tempe dengan varian aneka rasa, kripik buah dengan varian aneka rasa dan ubi gunung kawi serta sari apel batu. Kini dengan hadirnya oleh oleh yang di konsep kekinian membuat banyak orang beralih ke oleh oleh khas malang kekinian.

Memang sudah menjadi hal wajar dan sunnahtullah bahwa akan selalu ada inovasi yang menyentuh berbagai bidang mulai transportasi ,pendidikan, kuliner dll, maka sebagai pengusaha selalu di tuntut untuk peka terhadap perubahan dan inovasi kalau tidak ingin ditinggalkan.

Saya tahun 2013 pernah menulis tentang persaingan usaha kuliner di kota malang, banyak yang tutup tidak sampai 2 tahun, bahkan baru baru ini ada yang buka dan tutup tidak sampai 1 bulan seru hehehe, produknya mie kekinian.
Semakin banyak kuliner konsumen diuntungkan dengan banyak pilihan , sedangkan bagi pemilik bisnis kuliner ini menjadi PR tersendiri untuk menyiapkan strategi keluar dari persaingan sengit kuliner kota malang, saya sendiri termasuk menganut pendekatan tidak ikut terseret dalam pusaran persaingan

Komentar

Postingan Populer