Kenapa sudah 5 tahun hutang tidak lunas

Kenapa sudah 5 tahun hutang tidak lunas


Ada seorang pengusaha yang menceritakan problem bisnis  yang dialami beliau dan biasanya satu paket dengan masalah hutang dan riba. Beliau merasa bingung kenapa kok sudah  5 tahun masalah hutang dan riba yang di alami beliau kok tidak selesai selesai malah kok dirasa tidak berkurang bahkan cenderung nambah padahal beliau ingin sekali merasakan memiliki bisnis tanpa harus punya hutang riba. Maka setelah saya analisa ternyata masalah terbesar yang harus di selesaikan oleh beliau adalah MINDSET atau pola pikir keyakinan yang tertanam di bawah sadar , keyakinan yang selama ini ada dalam diri beliau adalah bahwa.
  1. Pengusaha itu harus punya hutang (kebanyakan riba )
  2. Bisnis tanpa hutang itu tidak mungkin bisa
  3. Tidak ada pengusaha yang sukses tidak hutang riba
  4. Ketika jatuh tempo pembayaran atau saat butuh uang maka cara tercepat adalah dengan mencari hutangan sementara meski dengan bunga (riba).

Dan masalah masalah tersebut harus segera di atasi, bagi pengusaha muslim sudah jelas larangan Riba dalam Al Qur’an , anda bisa mencari bertanya di ustadz , membaca buku dan juga google salah satu link tentang bahaya riba adalah https://muslim.or.id/574-riba-jahiliah.html
Ada yang menarik ketika saya dulu punya hutang yang tanpa riba, namun ketika saya buat untuk usaha saya ternyata juga bangkrut , saya bertanya kepada guru saya kenapa uang bukan dari riba tapi pinjaman murni orang tua kok tetap bangkrut? Beliau menjawab bahwa saya belum punya ilmu atau kompetensi mengelola uang, ini juga saya temuin ketika membantu pengusaha yang terlilit hutang , sering menyampaikan , coach saya pakai modal bukan dari riba tapi pinjaman keluarga tanpa bunga tapi kok tetap habis juga, maka jawaban saya juga sama, bahwa anda tidak memiliki ilmu untuk mengelola uang dengan baik artinya berapapun uang atau modal yang anda akan terima pasti akan habis, terbukti ketika saya membuka kelas workshop dan beberapa yang ikut adalah mantan pimpinan perbankan mengatakan kebanyakan pengusaha memang tidak memiliki ilmu bisnis hanya tahunya hutang .

Jadi ketika anda saat ini terlilit hutang maka anda harus menerima kenyataan dengan mengatakan kepada diri sendiri “ Saya saat ini memang terlilit hutang dan Riba, namun saya yakin dengan pertolongan Allah Yang Maha Kuasa dan Membenahi Bisnis dengan menggunakan ilmu dan strategi baru , hutang saya akan LUNAS ! Saya targetkan Tahun xxx Bulan xxx Semua hutang saya sudah LUNAS !!!.”

Ketika anda sudah menerima keadaan dan tidak lari dari masalah maka anda akan cenderung siap menghadapi apapun dan paling penting anda harus punya komitmen SIAP ACTION dengan KERJA KERAS dan CERDAS serta TOTALITAS !.
Saya sendiri ketika membantu pengusaha untuk membenahi bisnis dan membantu keluar dari lilitan hutang dan riba dengan CARA BENAR ! selalu menjelaskan tentang KOMITMENT dan KESUNGGUHAN karena tidak mudah, hadapi dan akui dosa dan kesalahan masa lalu, serta bertobat dan memperbaiki diri serta membenahi bisnis dengan ilmu bisnis yang benar. Insya Allah jika itu di lakukan maka dalam tempo singkat berapapun hutang anda insya Allah PASTI LUNAS, Rasulullah SAW sendiri banyak mengajarkan doa doa ampuh untuk melunasi hutang meskipun hutangnya sebesar gunung dan tentu di barengi dengan ikhtiar karena islam tidak mengajarkan menjadi pemalas dan peminta minta.
Jadi jika sudah lama anda berbisnis dan punya hutang namun tidak lunas lunas maka anda harus BERUBAH ! mengubah mindset, mengubah strategi, mengubah tindakan anda


Komentar

Postingan Populer