Marketing mendatangkan pemasukan

Banyak pengusaha yang ketika saya dampingi dalam pembenahan dan pemulihan bisnis lupa atau malah tidak menyadari bahwa ketika pemasukan atau penghasilan bisnis / perusahaan turun maka seharusnya yang di evaluasi adalah strategi marketing dan sales yang di gunakan dalam bisnis / perusahaan.
Kebanyakan malah fokus mencari hutangan dan ketika dapat hutangan maka hutang tersebut untuk membayar hutang dan ketika waktu bayar hutang akan akan mencari hutang baru lagi dan dari sini lingkaran setan hutang mulai melilit dan menjerat semakin kuat.

Dan ketika menyadari bahwa apa yang dilakukan adalah tindakan tidak benar maka sudah terlilit hutang sehingga tidak punya uang untuk investasi dalam membuat strategi marketing untuk mendatangkan uang. Saya banyak sekali mendapatkan whatsapp pengusaha yang terlilit hutang dan menyesal karena selalu fokus mencari hutang.

Tidak mencari bantuan dari luar.
Banyak yang usahanya akhirnya bangkrut itu tidak mau mencari bantuan ahli dari luar, mereka merasa mampu menyelesaikan sendiri, saran saya anda ketika merasa stagnan dan mengalami penurunan bisnis, sebelum terlambat maka cari coach, mentor yang bisa mengarahkan anda dalam memulihkan bisnis / perusahaan anda, namun anda juga harus siap investasi biaya dan waktu .

Mulai sekarang anda harus mengevaluasi strategi marketing anda untuk memperbesar pemasukan bukan fokus cari hutangan terus sampai terlilit.
Saya ada kisah pengusaha kuliner yang membuka usaha kuliner dengan konsep cafe, pengusaha ini fokus ke interior dan konsep menu dan tema cafenya namun ketika sudah berjalan 3 bulan dan semakin sepi dan kebingungan lalu banting harga dan akhirnya tutup dan modal ratusan juta tidak kembali.

Komentar

Postingan Populer