Tahapan marketing

Tahapan daya ungkit Marketing

Assalamualaikum, semangat selalu. Kali ini meneruskan tentang prinsip Marketing Leverage. Kemarin adalah tentang lead generation yang diantaranya menggunakan strategi piggy back invoice mailings.
Untuk menyegarkan ingatan saya tuliskan ulang tahapan proses marketing untuk peningkatan bisnis.

  1. Lead generation
  2. Conversion rate
  3. No.of transactions
  4. Average Rp Sales
  5. Profil margin
  6. A-B split testing
1.lead adalah tentang bagaimana produk/service anda di komunikasikan secara massive dan tepat. Diantara dengan radio,brosur,piggy back mailings dll (kita akan bicara tentang 70 lebih strategi lead secara bersambung)

2. Conversion Rate. Adalah tentang strategi untuk meningkatkan konversi rata-rata dari lead (prospek) menjadi buyer/pembeli/pelanggan. Ada 80 lebih cara, saya kasih contoh dua yaitu, Menuliskan Garansi dan Provide team incentives. Garansi adalah salah satu metode mendapatkan trusted dan menghilangkan keraguan dari sisi kastemer.
Sedangkan Provide team incentives adalah cara memberikan rangsangan kepada team sales untuk "berjuang dengan senang hati penuh semangat" mengubah prospek menjadi pembeli/pelanggan.

3. No. Of transactions. Adalah tentang strategi membuat pelanggan pelanggan untuk sering ber transaksi atau sering belanja. Ada 60 lebih cara, diantaranya adalah member card dan call cycling.

4. Average Rp sale. Adalah tentang cara meningkatkan nominal Rp penjualan per kastemer. Ada 50 lebih strategi untuk meningkatkan Average sale diantaranya yang umum dan masih efektif jika dilakukan dengan team yang terlatih adalah Up sell, cross or add on sell. Jika anda ke alfamart atau indomaret, kasir akan menggunakan strategi ini.

5. Profit Margin. Adalah strategi untuk meningkatkan Margin keuntungan, ada 60 lebih cara yang bisa dilakukan. Saya kasih contoh diantaranya
  1. Tidak memberikan diskon
  2. Private label
  3. Efisiensi, produktivitas dan time management.
6. A-B split testing. Bahwa marketing itu harus selalu dilakukan split testing untuk ditemukan mana yang berhasil dan tidak, contoh jika memasang iklan di radio maka buat 2 scripts penawaran semisal yang pertama menyebutkan paket harga dan yang kedua memberikan diskon, lalu testing dalam 5 -7 hari dan mana yang berhasil itu yang akan anda pakai terus selama menghasilkan.
Dan seperti sering saya sampaikan di sesi coaching bahwa Marketing bisa Gratis jika mengetahui Customers value dan Roi.

Komentar

Postingan Populer