Cara menghasilkan uang dengan ketrampilan menjual

Selling skills adalah seni atau ketrampilan dalam menjual yang mutlak diperlukan oleh setiap orang terutama pengusaha.
Saya pernah mengajarkan ini di kelas instant Cash yang mengajarkan tentang bagaimana menghasilkan uang dalam kondisi tidak punya uang alias tongpes dan sudah banyak hutang sehingga tidak punya pilihan lain karena harus dapat uang untuk biaya hidup, serta masih punya iman untuk tidak mencuri.

Kebanyakan orang sangat ahli dalam belanja atau spend money alias membuang uang. Namun sedikit yang memiliki ketrampilan menjual, yang harusnya sudah di ajarkan pada anak-anak. Tentunya disertai sikap dan akhlak seorang penjual / pedagang yang mengetahui halal dan haram, agar tidak menghalalkan segala cara atau menipu dan merugikan.

Saya pernah ditanya Coach kalo misalnya saya tidak punya uang sama sekali sedangkan saya harus memberikan uang belanja buat makan sehari-hari, kalo tidak hutang?

Saya lalu bertanya apakah bapak biasanya mudah berhutang? Alias sedikit dikit cari hutang? Jawabnya kebanyakan seperti itu.

Maka disini perlu mengubah mindset tentang uang. Bahwa uang itu adalah alat tukar 'nilai' yang mengandung unsur manfaat baik secara Materi/fisik dan non materi/non materi. Uang hanya alat tukar untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan/hasrat.

Contoh saat saya memberikan saran ke peserta yang butuh uang perhari 200 ribu dengan modal 10 ribu.
Saya bilang sangat banyak cara dan strategi menjual dengan modal minim bahkan tanpa modal uang, asal kuncinya tahu memberi nilai tambah untuk membuat barang/produk atau jasa tersebut bermanfaat dan memberikan nilai tambah atau value bagi pembeli.

Contoh uang 10 ribu dibelikan balsem atau minyak urut dan anda keliling perumahan utk menawarkan jasa pijat/urut. Bisa juga standby di masjid yang banyak pelancong / orang rekreasi setiap selesai sholat membuka layanan pijat pegel tarif 20 ribu utk 15 menit.

Kalau di gali ide utk menghasilkan uang dengan modal minim sangat banyak, syarat utama tidak gengsi karena gengsi tidak membuat anda jadi kaya justru penyakit gengsi membuat orang tambah miskin.

Kuncinya temukan nilai tambah yang bisa membuat orang merasakan manfaat lebih besar dibanding nilai uang yang dikeluarkan.
Saya ajak brainstorming Contoh nyata:
Saat penjual kacang goreng menitipkan barang dagangannya di warung maka harga jualnya paling besar Rp 2000 (dua ribu rupiah) bagaimana agar bisa meningkatkan harga jual menjadi 2x lipat bahkan 3x lipat lebih!?...

Komentar

Postingan Populer