Pentingnya memiliki sistem manajemen resiko

Tidak banyak pemilik bisnis yang mengetahui akan Pentingnya memiliki sistem manajemen resiko dalam perusahaan/bisnisnya.
Ada yang menganggap belum perlu bahkan yang paling parah menganggap tidak perlu.

Hal ini karena ketidak tahuan akan besarnya manfaat dalam memiliki sistem manajemen resiko.

Biasanya saat saya bertemu dengan pemilik bisnis yang menceritakan tentang pengalaman kerugian yang jumlahnya sangat besar bahkan diantaranya mengatakan ini bisa membuat bangkrut. Lalu saya utarakan, bapak/ibu tidak memiliki manajemen resiko. Biasanya akan kaget atau bingung istilah ini.

Penjelasannya sangat panjang, namun perlu dipahami bahwa setiap bisnis pasti memiliki resiko yang bisa mengakibatkan kerugian baik nominal kecil hingga kerugian membuat kebangkrutan.

Contoh misal dalam bidang usaha ikan hias jenis mahal, maka penerapan manajemen resiko dengan membuat riset hal-hal yang mengakibat ikan mati dan menimbulkan kerugian, semisal ini dikaitkan bahwa setiap kolam ikan harus selalu memiliki aerator yang selalu nyala dan jika sampai mati maka bisa membuat ikan mati atau sakit.
Untuk itu dibuatkan backup power listrik serta dibuat sistem pengecekan berkala untuk memastikan backup power selalu siap digunakan, jika sewaktu-waktu listrik mati bahkan saat tengah malam, dimana di toko atau kolam tidak ada yang menjaga.

Hal diatas adalah contoh kecil dari penerapan manajemen resiko dalam bisnis anda.

Komentar

Postingan Populer