Yakin pasti lunas hutang ratusan juta bahkan puluhan milyar

[18/2 11.44] Abah Santoso (Anto): Sebagian besar orang yang terlilit Hutang riba merasakan sempit nya dada , pikiran dan merasakan putus asa yang sangat dalam bahkan beberapa yang sampai bunuh diri seperti yang kita baca dan lihat di media baik cetak dan elektronik.
Nauzubillahi mindzalik semoga Allah jauhkan dari mental lemah seperti itu.

Saya belajar dari pengalaman pribadi terlilit hutang riba besar dan non riba dan ibarat orang yang Pernah mengalami hal tersebut maka saya bisa memahami kondisi orang yang punya hutang.

Kondisi kalut ketika di tagih plus di saat yang sama ada kebutuhan mendesak semisal kebutuhan rumah tangga habis , beras, minyak, gas , susu di tagih PLN , PDAM, ditambah bayar  sekolah dan ujian anak kalo nggak ga ikut ujian, belum lagi masalah keluarga pokoknya saya sebut masalah komplit plus plus .
Disinilah jika seseorang tidak memiliki iman yang kuat dan melakukan self talk (diri) yang negatif akan berpotensi muncul masalah lebih besar dan putus asa.


Hal ini juga terjadi dan dialami oleh beliau sebut saya Bu AMR yg berumur sekitar 30 - 35 tahunan.
Punya usaha konveksi mukena, bed cover, dan baju muslimah lalu tutup habis karena sdh tidak mampu bertahan karena sudah tidak punya uang.


Bahwa bisnis apapun akan tutup jika tidak memiliki pemasukan yang lebih dari cukup untuk operasional.
Mau bisnis kuliner, fashion, tour travel, Developer Properti, agency, kontraktor, herbal dll akan tutup jika tidak memiliki uang cash .


Ketika beliau datang ke malang bertemu saya di hotel Santika premiere Malang bersama suaminya ,saya melihat acak acakan tampilan wajahnya nampak capek sekali, sebelum nya suaminya sdh sering telpon saya kalo kondisi istrinya tertekan, sudah ke ahli psikolog/psikiater untuk terapi mental dan emosional.


Begitu ketemu saya dan beliau sebelum nya sdh WA , nangis dan mengatakan sudah capek sekali dengan masalah hutang hutang dan menyesal sekali pakai riba dan juga merasa bersalah karena juga meminjam  ke teman dan saudara meskipun bukan utang riba namun kalo sudah ditagih reaksinya kepala sakit dan dada serasa sesak sdh ke dokter dan di kasih obat penenang.


Ketika sesi penggalian masala dan akar masalah sedang berlangsung beliau cerita kalo sampai datang ke orang yang ngerti di kasih wafaq jimat pegangan atau sejenisnya.
Saya tanya sdh berapa lama memakai itu di jawab , 3 bulanan? Saya bilang buang saja nanti dibakar , saya sampaikan orang yang punya hutang 50 M lebih tidak pakai jimat atau hal hal sejenis bisa lunas.


Beliau dan suami menurut, saya mencatat setiap kisah untuk sesi analisa yang mendalam, dan seperti kebanyakan pengusaha mereka menjalankan bisnis asal nekad dan jalan, sebenarnya tidak apa apa asal tidak berhutang riba.


Membuka bisnis itu sangat mudah karena tinggal buka yang sulit itu membuat bisnis bertahan melewati tahun ke 11, dan dalam keadaan surplus keuangan.
Yang terjadi 90 persen tutup tidak berhasil melewati tahun ke 11.


Saya sebutkan contoh gampangnya bisnis kuliner di malang dan kota lainnya, saat opening ramai pakai viral di sosmed.dan akhir nya tutup.


Saya tanya berapa hutang nya di jawab 1 M , saya tanya sdh berapa lama di jawab kalau tidak salah 2 tahunan dan harus di bayar dalam 2 bulan kalau tidak akan di perkara kan ke polisi dan di tahan.


Saya kasih tulisan ini ke beliau...


Jeda bersambung...






1.Jika seorang muslim memiliki utang dan Allah mengetahui bahwa dia berniat ingin melunasi utang tersebut, maka Allah akan memudahkan baginya untuk melunasi utang tersebut di dunia”. (HR. Ibnu Majah, no. 2408; An-Nasa’i, no. 4690. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan)
2."Allah akan bersama (memberi pertolongan pada) orang yang berutang (yang ingin melunasi utangnya) sampai dia melunasi utang tersebut selama utang tersebut bukanlah sesuatu yang dilarang oleh Allah.” (HR. Ibnu Majah, no. 2409. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).
3.Siapa yang mengambil utangan, lantas ia bertekad untuk melunasinya, maka Allah akan menolongnya.” (HR. An-Nasa’i, no. 4691. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan)
4.Siapa yang mengambil harta orang lain (di antaranya berutang, pen.) lantas ia bertekad untuk mengembalikannya, maka Allah akan menolongnya (untuk melunasi utang tersebut, pen.). Siapa yang meminjam harta orang lain (di antaranya berutang, pen.) lantas ia bertekad untuk tidak mengembalikannya, maka Allah akan menghancurkan dirinya (hidupnya akan sulit, pen.).” (HR. Bukhari, no. 2387)
[18/2 15.23] Abah Santoso (Anto): Bismilllah Walhamdulillah saya lanjutkan.
 Dalam sesi 5 jam dengan saya hal yang paling berat adalah melakukan pemrograman ulang mindset, self esteem, believe system, compeling reason dll atau istilah software ini sangat penting karena ibarat orang  yang ingin menghaps memperbaiki hasil print out tulisan kalimat seye sedeng bahagoo ( harus nya kalimat saya sedang bahagia) namun yang di hapus / tipe x hasil kertas nya padahal yang harus di edit adalah MS Word nya , karena mau di perbaiki sampai 100 x kalo di MS Word nya salah maka hasil print out nya akan salah.
Atau ibarat orang ingin buah mangga manis yang harus di lakukan adalah memperbaiki dalam tanah yaitu bibit nya harus bagus juga tanah nya sesuai maka hasil atau buahnya akan beda.


Ibarat orang ingin membuat ruangan yang jadi busuk karena ada bangkai tikus mati lalu beli banyak pengharum ruangan ini cara tidak efektif dan boros , paling efektif cari bangkainya dan buang .


Beliau bilang ke saya kalau sdh putus asa dan sudah berdoa tetap juga tidak ada perubahan hutang makin bertambah untuk makan sehari hari .
Saya bilang InsyaAllah saya kasih doa sangat ampuh dan ikutin arahan saya selaku mentor dan coach , ibarat orang kalo mau belajar berenang di laut cari orang yang sudah biasa rengan di lautan , tidak bisa pakai google , YouTube berenang di laut bisa berpotensi ketelan ombak


Lalu saya sampaikan bahwa dalam bisnis dan ilmu lunas hutang yang halal adalah dengan menerapkan strategi marketing dan selling.


Dalam bisnis harus bisa menjaga mesin atau roda gigi
Keuangan
Operasional
SDM
Marketing dan Sales dan branding
Menejemen resiko
Dan menerapkan SMK (sistem, Marketing, Kontrol)


Ga usah pakai jimat , itu MC Donald ga pakai jimat punya outlet di seluruh dunia omset harian nanti saya kasih file nya .
Star Nick jualan kopi bisa di seluruh dunia.


Saya minta beliau fokus komitmen di program 100 hari mentoring debt free dan tjdak usah datang ke guru spiritual , saya pesan ke suami nya juga.


Saya mulai menemukan bahwa selama 5 tahun menjalankan bisnis itu salah atau tidak tepat maka berapapun modal uang yang di kasih akan habis karena sudah salah pondasi dan strategi,
Saya bilang kalau bisnis sampai lebih dari 2 x nambah modal dan masih kurang maka berapapun akan habis harus berubah dan diubah.


Maka singkat cerita saya ubah strategi marketing nya , saya bilang uang masuk dari marketing dan selling  bukan hutang ingat itu.


Pada saat launching marketing fase 1 hasilnya bagus tapi belum maksimal maka saya ubah sampai 4 x .
Karena marketing dan selling itu bukan 1 + 1= 2.
Karena kita tidak tahu kemauan market / user konsumen , kita harus terus menganalisa dan melakukan respon terhadap hasil .
Bisnis / perusahaan yang berhasil tumbuh 30 tahun lebih bukan tidak pernah gagal tapi karena mereka memiliki menejemen NECIS
Itu saya singkat Never Ending Continuous Improvement Strategy.


Saya ubah semua outlet yang ada di mall mall saya suruh tutup , kemudian semua usaha dipindahkan ke rumah kontrakan saya bilang downgrade lifestyle , awalnya agak susah nanti sabar 3 - 5 tahun beli lagi rumah yang lebih besar bahkan ada kolam renangnya hibur saya.


Kembali ke membuat strategy Marketing dan Selling saya ubah dari yg ada di outlet mall mall jadi online dan offline.
Offline / event kecil hanya modal 200 - 500 ribu ke masjid dan bazar tapi tidak jualan namun ke menjual program paket reseller dan ini dianalisis sampai bbrp kali sampai ketemu yg kuat


Ingat tidak bisa bayar hutang dgn hutang.
Harus jualan jualan Jualan.
Tidak punya produk bisa jualin produk atau jasa orang lain.


Singkat cerita hanya bermodal HVS beliau bisa lunas hutang 1 M , maka saya bilang modal HVS bisa dapat berapapun uang itu nyata , karena HVS kita ubah jadi proposal atau mesin uang .


Kembali ke jualan produk as salam dgn komisi 144 juta + tambahan 2 JT dari saya itu sangat sangat lumayan dan layak di perjuangkan .


Kalo anda ke bank minjam 146 juta syarat macem macem dan bunganya besar belum lagi dosa ribanya. Dan bisa bikin sumpek dan nambah masalah.


Bismillah InsyaAllah saya akan sharing sebagian modul dobrak Marketing untuk Ikhtiar mendapat 146 JT dalam 7 hari bersama Grand Village As Salam


Saya minta kuat di eksekusi atau action atau Ikhtiar totalitas jangan lemah ,jangan baperan jangan galau ,harus pede menjelaskan
Selama produk kita bagus dan tidak melanggar syariah.
Percaya diri Harus pede dan punya mental Kopasus


Jeda dulu InsyaAllah akan di lanjutkan.🙏
[18/2 15.32] Abah Santoso (Anto): Ada yg japri Alhamdulilah semoga rejeki halal terus mengalir tidak usah malu dan ga pede jualan , justru harus malu harus mengemis , kalo kebiasaan mudah hutang akan miskin.
Setiap penolakan bukan harga mati bisa saja belum siap usernya saat ini, mungkin bisa lain waktu ,atau bisa di referensi kan ke relasi dan keluarga nya .
Urusan mas dan mbak adalah menjelaskan urusan Alllah mempertemukan pembeli.
Seperti nelayan ikhitiar nya membuat jaring yang kuat dan urusan jenis ikan dan jumlah ikan itu  Hak Allah.
Sambil belajar cara membuat jaring jala yang kuat dan belajar ilmu Ikhtiar menemukan posisi ikan .
Itu tingkatan kita .
InsyaAllah semoga Allah mudahkan Ikhtiar menjual Grand Village As Salam.
Karena kami bangun dengan niat baik , kualitas yang baik , InsyaAllah Menejemen yang baik .

Dilanjutkan lagi nanti
🙏
Sementara japri ke admin jika ada kebutuhan brosur dll





Penulis Blog
Coach Abah Anto

Komentar

Postingan Populer