mengeset nasib miskin secara sadar

Bismillah pagi ini saya gatel ingin menulis atau sharing tentang percakapan dengan seorang pembaca di salah satu blog tentang melunasi hutang dan riba serta cara bangkit dari keterpurukan bisnis.

Saya sebut saja inisialnya mas B , bertanya Assalamualaikum Abah saya membaca artikel blog Abah dan sebenarnya sudah cukup lama saya baca blog Abah dan baru kali ini saya WA , saya ingin tahu cara melunasi hutang riba dan non riba saya , jujur sudah cukup stress saya dan mau mati saya rasanya, kalo bunuh diri tidak dilarang pasti saya sudah bunuh diri , mohon saran nya Abah , hutang saya 1 M an.
Saya buat usaha mengkredit kan barang barang elektronik.

Jawaban saya untuk mas B , pertama adalah bertaubat dan menyesal.
Kedua sabar dan sholat ini perintah Allah ada di Al Qur'an .
Ketiga cara lunas hutang adalah dengan membayar atau minta di ikhlaskan.

Keempat rubah mindset pemikiran dan perasaan mas B tentang Kemakmuran .

Kelima jangan fokus cari hutang baru tapi fokus minta peluang dan jalan cara baru untuk memperbesar atau memperbanyak pemasukan.
Ke-enam baca buku ikut seminar workshop dan cari mentor di kota anda. Tentang menjadi kaya 

Keenam jangan mengeluh banyak bilang Alhamdulilah Terima Kasih baik secara lisan atau batin .

Lalu mas B berkata , tapi Abah saya justru terlilit hutang karena ikut seminar dan workshop tentang kaya dari hutang , malah sekarang terlilit hutang dan berantakan hidup saya jelas mas B.
Yang harus dilakukan Abah jujur Abah istri saya sudah tidak lagi sama saya sudah tidak kuat dengan keadaan ini, mohon saran riilnya Abah.

Lalu saya katakan mas B , baca arahan di atas , kemudian baca isi blog ini atau baca e-book saya tahun 2018 ada 400 an halaman itu ada softskill dan Hardskill ditulis oleh praktisi.

Saran saya ikut saja MMBC pak mardigu , atau workshop apapun tema menjadi kaya atau bangkit dari keterpurukan.
Hutang 1 M itu kecil mas B ada yang jauh lebih besar dan lunas.

Dan 1 hal penting sampeyan Bisnis mengkredit kan barang itu riba atau tidak metode nya ?
Kalo riba tinggalkan banyak jalan menghasilkan uang tanpa riba dan Insya Allah berkah.

Mas B harus paham sunnahtullah pemenang itu punya kemampuan survival yang tangguh dan semua itu butuh ilmu atau tatacara ,how to bagaimana nya.

Kemudian mas B berkata baik Abah terima kasih kalo boleh saya datang ke malang ya Abah.

Saya jawab silahkan mas tapi syaratnya jangan mengeluh hehehe.
Mulai sekarang lihat semuanya dalam dan dengan kaca mata hikmah.
Semoga Allah mudahkan mas B .
Salam Bahagia dan Kaya tanpa riba

Komentar

Postingan Populer