Bolehkan suami istri pegang kendali usaha

Saya di curhati suami istri pengusaha yang mengelola bisnis secara bersama sama dan sudah berlangsung cukup lama sekitar 3 tahunan lebih dan beliau mengatakan masalah seputar bisnisnya, yang menarik adalah pertanyaan yang disampaikan ke saya apakah boleh suami istri memegang kendali usaha sebab mereka mengatakan seringkali masalah muncul karena perbedaan pendapat yang berdampak kepada bisnis.

Sebenarnya kasus suami istri ikut mengelola bisnis sudah biasa terjadi terutama dalam usaha usaha skala UKM. Namun ketika suami istri bisa melakukan peran masing masing dengan baik maka hasilnya akan baik, sebaliknya masalah menjadi muncul ketika suami istri ikut mengendalikan bisnis dan sama sam ikut menjadi penentu pengambil keputusan perusahaan.

Ketika suami istri mencampur adukan persoalan rumah tangga ke bisnis maka akan muncul masalah masalah yang berdampak kepada keharmonisan rumah tangga.
Bahkan sering saya jumpai dimana karyawan dibuat bingung karena keputusan yang saling tumpang tindih, pernah karyawan yang mengatakan kepada saya, bingung antara bos laki dan bos perempuan yang sering memerintahkan tidak sejalan.

Solusi yang saya berikan adalah dengan keterbukaan untuk membicarakan baik baik mengevaluasi apakah pasangan tersebut cocok atau tepat untuk ikut mengelola bisnis , sebab memiliki bisnis itu perlu daya tahan terhadap masalah masalah internal dan eksternal.
Namun jangan sampai masalah bisnis menghancurkan keharmonisan rumah tangga.

Menggunakan orang lain yang kompeten dan jujur serta bisa dirasa mampu menjalankan usaha anda. Sekali lagi jika anda memiliki usaha dan selama ini anda menjalankan berdua namun sering terjadi masalah akibat bentrokan dengan pasangan maka anda harus ubah cara anda menjalankan bisnis. Mulai ubah struktur organisasi dan jalankan dengan profesional dan tetap jaga keharmonisan rumah tangga , bisnis bukan untuk membuat anda dan pasangan anda ribut.

Komentar

Postingan Populer