Usaha kuliner dengan modal ratusan juta tutup

Baru saja saya di curhati pengusaha kuliner yang mengatakan bahwa usaha kuliner yang di rintisnya terpaksa tututp dalam waktu kurang dari 12 bulan tepatnya sekitar 8 bulanan, dan modal uang yang telah di investasikan jumlahnya ratusan juta , ketika saya tanya lebih dari 300 jutaan, itu untuk sewa tempat , renovasi, pembelian perabotan dan peralatan pendukung cafe.
Ada 1 pertanyaan yang menurut beliau itu mengganjal yaitu apa sebenarnya penyebab tutupnya cafe beliau, kalau dari lokasi oke, tempat parkir luas, menu variasi terus, rasa kata pelanggan oke, harga juga kurang lebih sama dengan usaha sejenis atau kompetitor lainnya.

Saya mendengarkan semua uraian sambil memetakan masalah masalah yang di sampaikan yang nantinya di butuhkan untuk membuat analisa dan strategi.
Beragam promosi sudah dilakukan semisal promosi banner, spanduk, brosur , radio dll, pokoknya sudah dicoba pak.

Termasuk menganalisa secara batin menurut beliau, namun saya sampaikan saat ini kita fokus yang dhohir saja pak, yang urusan batin nanti bahasnya.

Jenis menu yang dijual adalah ayam,bebek dan ikan serta varian sambal, sayur dan lain lain.
Saya akan sharing hal hal pokok saja terkait permodalan, pengelolaan operasional, sdm, keuangan , tes dan ukur, improvement dan menejemen resiko.
Beliau ingin sekali buka usaha kuliner lagi dan ingin sukses tidak seperti yang sebelumnya dan akhirnya bisa ngobrol dengan saya meski via telpon karena tempat tinggal beliau jauh.

Saya sampaikan kepada beliau tentang sunnahtullah dalam bisnis kuliner serta mindset dan sikap yang harus dimiliki untuk bisa sukses. Ketika saat ini usaha beliau bangkrut saya bilang itu biaya pembelajaran karena dari situ bisa menganalisa kelemahan dan kekurangan owner sehingga ketika saat memutuskan untuk buka lagi maka tentu harus menjadi lebih baik dan sukses.

Ada yang menarik dari pembicaraan dengan beliau, saya bisa merasakan orang yang punya tipe gampang panik, gampang berubah keputusan serta kurang tegas dalam memimpin karyawan dari ketiga hal ini saja , jika di benahi hasilnya akan luar biasa.
Kenapa gampang panik, gampang berubah keputusan bisa membuat bisnis tutup? Tentu anda bisa menebak bagaimana jika anda awalnya ingin bikin promo A dan sudah di bicarakan dengan tim lalu dalan waktu mepet kurang 3 hari anda ubah promo B dan tanpa alasan yang jelas dan bisa di pertanggung jawabkan , sehingga tim atau karyawan akan berpikir bos ku ini plin plan ,kita sudah capek capek konsep dan bikin persiapan 10 hari sesuai deadline , eh diubah tanpa alasan yang jelas dan nanti juga pasti akan berubah.

Coba renungkan kenapa 3 sikap diatas bisa membuat bisnis anda tutup.
Semoga bermanfaat bagi anda khususnya pengusaha kuliner , harus memiliki mindset yang tepat , sikap yang tepat, strategi yang tepat dan action yang tepat.
Karena kuliner jangan hanya dilihat enaknya saja , tapi juga ndak enaknya itulah komitmen suka dan duka di jalani sebagai bagian dari perjalanan sukses .
Serta siap sedia untuk berjuang dengan totalitas. Insya Alloh pasti sukses.

Komentar

Postingan Populer