Bilang ke Dilan melunasi hutang itu butuh mindset yang tepat

Bilang ke Dilan melunasi hutang itu butuh proses, mindset dan strategi yang tepat , ketekunan dan motivasi terus menerus. Seringkali ketika pengusaha yang mengalami masalah bisnis dan hutang maka mereka menyesal dan merasa kebingungan tentang bagaimana cara keluar dari situasi sulit terlilit hutang bunga ber bunga.
Ada yang mengajukan pertanyaan apakah mungkin? Apakah bisa lunas segera? Apakah bisa bangkit lagi bisnis dan banyak lagi pertanyaan apakah apakah.
Hal pertama yang harus di benahi adalah sisi dalam diri terkait mindset, motivasi yang membuat ingin lunas hutang, alasan kuat kenapa harus lunas hutang. Setelah itu clear atau jelas maka melangkah ke bagian strategi bisnis.

Bagaimana selama ini dalam menjalankan bisnis apakah sudah tepat dan terukur serta apa saja pencapaian yang telah di hasilkan.
Saya ketika melakukan sesi konseling terkait pembenahan bisnis sering kaget awal awalnya ketika ada pengusaha yang menceritakan bahwa sebelum berurusan dengan hutang bunga ber bunga , bisnis mereka sehat namun kemudian mulai mengenal hutang , bahkan beberapa ada yang sampai hutang puluhan milyar.

Dalam membenahi bisnis harus siap berubah ! karena jika mengunakan pola pikir yang sama , strategi yang sama, tindakan yang sama tentu hasilnya juga akan sama.
Jadi harus siap berubah agar hasilnya sama.

Ibarat orang yang sakit apalagi kronis selain berdoa sungguh sungguh juga ber ikhtiar ke dokter dan tentu membutuhkan biaya pengobatan.
Selama saya di bidang pembenahan bisnis bisnis yang sedang stagnan, menurun dan owner / pemiliknya terlilit hutang , menemukan pola yang luar biasa bahwa ketika pengusaha itu siap diarahkan dan siap berubah maka hasilnya luar biasa, sebab tidak ada jalan instant karena mi instan juga perlu di masak.
Ada yang hutangnya di bawah 1 Milyar hingga 20 milyaran, kuncinya adalah keyakinan dan kesungguhan dalam proses.

Komentar

Postingan Populer