Masalah SPG yang kurang produktif

Saya seringkali menemukan masalah penjualan menurun di karenakan SPG yang kurang menguasai produk knowledge, saya ambil contoh di dua jenis bisnis yaitu toko handphone dan toko mebel dan furniture.
Ketika ada calon pembeli yang masuk toko kemudian bertemu dengan SPG lalu konsumen tadi menyebutkan produk dengan merek tertentu kemudian ternyata stok di toko lagi kosong maka SPG tadi langsung menjawab maaf pak / bu produk yang ibu / bapak cari tidak ada , selesai sudah dan konsumen pergi meninggalkan toko, apakah ini pernah anda temui atau bahkan anda sebagai pemilik bisnis mengalami hal seperti ini?

Sekilas memang tidak ada yang salah jika tidak ada produk yang dicari maka di bilang tidak ada.
Namun ketika saya memberikan konseling, training dan coaching kepada tim SPG tentang cara mengatasi hal ini , ternyata konsumen masih mau membeli produk sejenis namun dengan merek yang berbeda.

Saya menjelaskan bahwa pada prinsipnya orang butuh solusi dan merek itu bukan segalanya jika ada merek lain yang memiliki kwalitas sama.
Contoh saat konsumen masuk toko untuk mencari handphone merek S, dan ternyata barang lagi kosong sedangkan yang banyak stok handphone merek A maka dengan menanyakan pertanyaan menggali kebutuhan handphone serta budget yang di miliki ,konsumen seringkali mau memilih merek A .

Tentunya dengan kriteria bahwa memang merek yang ditawarkan juga memiliki kwalitas yang bagus dan punya garansi, sebab kalau jelek malah akan terjadi komplain dan reputasi toko tidak baik.
Begitu konsumen di jelaskan kwalitas, fungsi, garansi dan ternyata memenuhi keinginan konsumen dan bisa menjadi solusi bagi masalah , maka akan terjadi penjualan.
Jadi ketika anda punya masalah penurunan penjualan dan punya tim SPG maka anda harus melalukan analisa apakah tim sales anda sudah memiliki pengetahuan produk termasuk produk pengganti.

Silahkan coba dan sudah sering berhasil saya terapkan di klien yang mengikuti program pembenahan bisnis. Dan terpenting memberikan bekal pengetahuan komunikasi empati penjualan kepada tim SPG anda.

Komentar

Postingan Populer