Lanjutan mengatasi kebangkrutan usaha

Artikel ini lanjutan mengenai mengatasi kebangkrutan usaha.
Berikut apa yang saya tuliskan adalah pengalaman pengalaman Ketika saya diminta membantu pengusaha yang sedang mengalami kondisi kritis dan mengarah kepada kebangkrutan usaha.
Beberapa diantaranya malah cukup seru, karena setelah konsultasi dengan saya perihal masalah masalah bisnisnya, lalu menyampaikan secara terus terang bahwa bisnis yang telah dirintis selama 7 tahun lebih akan mengarah kepada kebangkrutan jika dalam beberapa bulan kedepan tidak mendapatkan solusi. Tentu saja ini membuat saya kaget sebab mengatasi kebangkrutan usaha atau bisnis bukan sulapan dan bukan sihir yang bisa dilakukan dalam semalam.

Bismillah mari kita memohon pertolongan kepada Alloh dan kita lakukan ikhtiar secara cerdas dan totalitas begitu yang sering saya sampaikan.
Maka hal pertama yang saya lakukan analisa adalah bagaimana perusahaan ini berjalan, bagaimana cara owner atau ceo menjalankan perusahaannya dan ternyata memang sesuai prediksi dan kenyataan yang sering saya temui bahwa kebanyakan menjalankan usaha dengan asal jalan, tidak memiliki rencana jangka pendek dan jangka panjang, menerapkan tools atau atau alat bantu untuk mengetahui kondisi terkini perusahaan, market dan kompetitor.

Dan setelah perjuangan yang tidak mengenal lelah dan tentunya atau pertolongan Alloh , Alhamdulillah ada rasa lega ketika CEO / OWNER mengumpulkan semua karyawan perihal perbaikan kinerja perusahaan dengan meningkatkan penjualan dan keuntungan perusahaan.

Diantara hal yang saya lakukan dan bisa anda terapkan dalam mengatasi kebangkrutan usaha adalah sebagai berikut.
1. Menganalisa kondisi keuangan
2. Menganalisa kondisi penjualan
3. Menganalisa SDM
4. Menganalisa strategi marketing
5. Mengetahui kelemahan dan kekuatang pada produk atau jasa yang anda jual
6. Mengetahui kondisi market
7. Mengetahui kompetitor yang secara direct dan indirect
8. Menganalisa bisnis proses

Ketika 8 point penting diatas dijalankan maka insya Alloh secara sunnatullah akan nampak perbaikan perbaikan.
Dan saya sarankan mulai ubah mindset dikit dikit cari hutangan , karena sebenarnya yang menjadi masalah utama adalah cara anda menjalankan bisnis jadi dikasih modal berapapun akan habis, apalagi modal riba.

Komentar

Postingan Populer