cara mengatasi toko retail sepi

Alhamdulillahi robbil a'lamin saya bersyukur dengan membantu pengusaha pengusaha yang mengalami kendala atau masalah bisnis dan keuangan , maka saya menjadi punya banyak hal yang bisa saya sharing di blog sederhana ini. Untuk kali ini saya ingin sharing pengalaman cara mengatasi toko retail sepi yang tentunya berdampak kepada uang masuk dan akan menjadi masalah jika pengusaha tidak mengetahui akar masalah kenapa toko toko nya menjadi sepi.
Bisnis retail adalah bisnis yang cukup kompetitif persaingannya dan seperti tulisan saya sebelumnya bahwa persaingan itu hal wajar dan menjadi sunnahtullah. Jadi ketika anda tahu dan punya persiapan maka anda akan aman dan tidak terlilit hutang, ditulisan saya sebelumnya bahwa setiap bisnis punya siklus dan jika anda tahu maka anda punya persiapan

Dulu ketika saya masih membuka kelas marketing dan sales , ada juga peserta yang memiliki usaha retail menjual sembako, alat tulis, elektronik dan lain lain, dan yang sering menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara membuat toko nya ramai lagi seperti ketika awal awal buka.

Dulu ketika baru buka atau grand opening , penjualan dalam 1 bulan pertama itu luar biasa cetar membahana, kemudian ada penurunan sedikit ketika masuk bulan kedua, ketiga, keempat, dan terus kelima , keenam, lalu dari sini biasanya pemilik,berpikir untuk mencari hutang bunga berbunga kebanyakan bahasanya untuk pengembangan usaha, meski baru beberapa bulan entah gimana caranya bisa itu dapat hutangan.

Toko sepi itu karena ada 3 (tiga faktor) penyebab.
Ada lebih dari 400 strategi yang selalu saya sodorkan untuk mengevaluasi bisnis dan melakukan pembenahan pertumbuhan bisnis dengan cepat, namun cepat disini bukan semalam ya , bisa 3 bulan hingga 6 bulan sudah terasa sekali perubahan, namun juga dengan syarat pemilik bisnis mau action dan team work bekerja dengan all out atau totalitas dan ikhlas.

Ketika toko anda sepi maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengevaluasi konsumen, ini pengalaman saya ketika membantu bisnis toko yang sepi, ketika saya melakukan survei pelanggan hasilnya cukup mengejutkan yaitu jumlah pelanggan lama yang kembali belanja sangat minim, kebanyakan yang beli belanja ke toko adalah pelanggan baru, lho apakah salah ? jawabnya tidak, namun jika anda pernah membaca tulisan tulisan saya di blog ini tentang meningkatkan penjualan, meningkatkan keuntungan dan keuangan serta melunasi hutang, maka 3 (tiga) yang paling penting dalam bisnis retail adalah

1. Mendapatkan pelanggan baru
2. Membuat pelanggan lama beli lagi dan lagi dan lagi ..
3. Membuat pelanggan lama membicarakan toko anda dan merekomendasikan kepada keluarga dan relasinya.

Nah kebanyakan pengusaha hanya fokus cari pelanggan baru terus, ini saya ibaratkan anda naik mobil ke jalan tol dan anda pakai mobil manual gigi satu terus apa yang terjadi , mobil anda akan mengalami panas mesin, tidak laju dan akhirnya rusak parah. Ini sama dengan masalah dalam toko retail anda yang semakin sepi dan ditinggalkan pembeli

Itu sebabnya penting sekali anda secara berkala melakukan survei kepuasan pelanggan dan mengetahui apa saja yang menjadi kebutuhan dan keinginan pelanggan ketika berbelanja ke toko anda.

Hanya dengan hal simple diatas maka bisa mengatasi toko retail sepi anda. Jadi mulai sekarang lakukan segera survei kepuasan pelanggan, karena berdasarkan pengalaman saya , ketika saya melakukan survei dan riset yang mendalam, dalam radius 1,5 - 2,5 KM jika pelanggan sekitar merasa tidak puas dengan toko anda, maka percuma atau sia sia anda buat beragam promo dan iklan dimana mana. 

Komentar

Postingan Populer