Pentingnya visi misi dan budaya perusahaan

Assalamu alaikum, 
Flash back tentang pentingnya konsisten menerapkan monitoring dan evaluasi secara konsisten selama 100 hari. 
Saya akan ulang lagi dengan sabar 😊 tentang penting nya memiliki kejelasan visi, misi dan budaya perusahaan mengenai arah atau tujuan yang ingin perusahaan cepat baik dalam 1 tahun mendatang dan 5 tahun dari sekarang. 
Selaku Owner dan CEO harus punya kejelasan mau dibawa kemana perusahaan ini. Karena sangat penting agar tidak buang buang waktu dan biaya. 
Bayangkan kalau ada orang yang men stop Taxi. Terus ditanya oleh sopir taxinya, mau kemana bu/pak? 
Terus penumpang tadi menjawab " saya juga gak tahu pak sopir " Maka pasti sopir taxi tadi tersebut bingung dan hanya dibawa muter-muter berjam-jam sampai argonya bengkak. Ini analogi sederhana tentang memiliki kejelasan 
1. Visi 
2. Misi 
3. Kultur / budaya perusahaan. 

Sebagai Owner / CEO wajib untuk menuliskan Visi dan Misi.

Contoh misal 
Saya ingin perusahaan / bisnis saya menjadi tempat rujukan untuk pelanggan yang membutuhkan (jasa / produk) saya, Terpercaya, dan Terbesar / Terlengkap.
Di Malang / Malang Raya / Jawa Timur / Indonesia.

Setelah Visi di tuliskan dan di ringkas, , maka di tempel dan di komunikasikan ke semua karyawan / staff.

Selanjutnya membuat misi, adalah tentang tindakan tentang bagaimana anda dan team mencapai Visi tersebut.
Apa produk / jasa anda? 
Apa bisnis anda? 
Siapa pelanggan anda? 
Siapa team anda?
Apa yang membuat anda beda dan lebih baik dibanding puluhan atau ratusan kompetitor diluar?

Yang masih belum punya Visi, Misi dan Budaya, silahkan sharing ke saya. 
Ingat waktu terus berjalan, ingat semua butuh waktu dan jangan sia siakan waktu

Komentar

Postingan Populer