kesalahan yang tidak boleh terulang

Saya sharing kali ini tentang pokok bahasan kesalahan yang mengakibatkan kerugian bagi perusahaan dan itu terjadi berulang - ulang. 
Biasa saat awal setelah mengidentifikasi proses bisnis dari Hulu hingga akhir, saya langsung menemukan potensi masalah yang bisa mengakibatkan perusahaan mengalami kerugian. Contoh nyata adalah saat pemilik bisnis yang menekuni usaha ikan Koi, mengalami masalah listrik padam, waktu itu saya tanya apakah sudah ada back up dan dijawab sudah tapi baru ketahuan tidak jalan backup UPS setelah airator yang terpasang di kolam-kolam Koi mati dan mengakibatkan ikan ikan Koi mati dan bahkan diantaranya adalah Koi Import. 

Dan selang beberapa waktu ternyata terulang kejadian yang sama, sehingga saya menyampaikan kepada Owner tidak bisa seperti ini terus, harus dicari solusi permanen. Akhirnya dibuat solusi karena seringnya listrik padam pada malam hari.  
Maka dibuat security yang menjaga toko dan jika listrik padam harus mengaktifkan power cadangan dan semua karyawan di training cara menggunakan diesel da mengecek UPS power.

Komentar

Postingan Populer