Lebih 8 tahun hidup di kendalikan bisnis

Lebih 8 tahun hidup beliau di kendalikan bisnis, berangkat pagi ngurusi bisnis dan pulang larut malam.
Cukup kaget ketika saya mendengarkan curhatan beliau pengusaha telah bisnis lebih dari 8 tahun dan menceritakan bagaimana hidupnya sebenarnya stres menjalankan bisnis. Selalu berangkat pagi dan pulang larut malam dan itu sudah 8 tahun di lakukan.
Beliau menghubungi saya setelah beberapa kali meminta pertimbangan atau saran di teman.
Kesadaran masalah terperangkap bisnis baru di sadari setelah anak dan istrinya yang mengatakan papa kok sering gak ada waktu.

Setelah mengobrol 3 jam lebih saya mulai bisa membuat pemetaan masalah yang selama ini menjadi alasan utama kenapa beliau tidak bisa meninggalkan bisnis.
Karena setiap kali beliau selaku owner meninggalkan bisnis selalu ada muncul masalah, sehingga menjadi semacam trauma jika liburan maka pasti akan banyak masalah muncul di bisnisnya dan memang itu terjadi selama ini.

Ketika beliau menyampaikan kalimat apakah pak anto bisa membantu saya ? Karena saya sudah capek, stress dan memang betul kata anak dan istri bahwa untuk apa saya capek capek cari uang namun saya sendiri tidak punya waktu luang untuk menikmati uang hasil kerja saya selama ini.

Saya menyampaikan kepada beliau bahwa butuh komitmen untuk mengatasi masalah bisnis bapak, namun kalau jujur saya sampaikan ada yang malah lebih dari 10 tahun bisnisnya itu mengendalikan hidup ownernya , sampai akhirnya butuh waktu 2 tahun bisa membuat bisnis berjalan tanpa campur tangan aktif di lapangan, owner hanya monitoting via email, chatting, web camera .

Ada lagi cerita 2 orang pengusaha wanita yang sudah punya bisnis 5 tahun dan belum punya anak karena dokter mengatakan terlalu stres dan capek, bahkan ada yang mengatakan dokternya kalau tidak bisa punya anak.
Alhamdulillah ada yang butuh waktu 1 tahunan akhirnya bisa hamil karena bisnisnya sudah bisa di tinggal namun tetap berjalan lancar. Bahkan beliau sampai sekarang masih menjadi klien saya.

Bahwa banyak pengusaha yang baru menyadari pentingnya mencari bantuan dari luar untuk mengatasi masalah masalah bisnis, mulai dari masalah hutang, sdm, operasional , keuangan dll.
Bahwa ketika anda merasa stress artinya anda harus berubah segera jangan biarkan berlarut larut.
Anda harus komitmen meluang waktu, pikiran, biaya dan tenaga untuk membenahi bisnis anda.

Komentar

Postingan Populer