Ada uang ratusan juta yang tidak di sadari owner

Wow, ada uang ratusan juta yang tidak di sadari owner atau pemilik bisnis.
Saya akan kisahkan ketika diminta tolong untuk membantu menyelesaikan masalah bisnis furniture dan mebel yang sudah 10 tahun berbisnis dan punya lebih dari 3 cabang di jakarta dan bekasi.
Beliau mengeluhkan kondisi saat ini berbeda dengan kondisi 10 tahun lalu dimana saat ini memang terasa sekali persaingan di bisnis ini. Bahkan lebih sadis menurut beliau karena bisa saling sikut menjatuhkan harga.

Ditambah sejak era internet marketing semua orang bisa dengan mudah jualan hanya bermodal koneksi internet dan photo katalog produk serta display seminimal mungkin dan bahkan bisa tanpa display, beliau menceritakan bagaimana penuruman omset dari 400 juta sebulan kini hanya 100 jutaan.
Dan jika ini dibiarkan maka pasti gulung tikar , saya mendengarkan dengan seksama sambil mencatat di ipad mini, terkait penjelasan dan keluhan keluhan yang di alami dan di rasakan olehnya.

Setelah ngobrol sekitar 3,5 jam maka saya di ajak keliling ke cabang dan juga melihat gudang stok barang dimana bertumpuk stok mulai lemari bahan kayu, lemari baham partikel, perabotan meja kursi, springbed, kasur busa dan banyak jenisnya.
Spontan saya bertanya karena ingin tahu , saya bertanya ini stok semua bisa di jual pak ? Dan apakah ada yang lebih dari 1 tahun tidak laku ?

Jawaban beliau mengagetkan saya seolah membawa ke peristiwa yang terjadi di kota malang dimana saya juga punya klien yang bisnis modelnya mirip dengan beliau .

Beliau menjawab itu stok ada yang memang baru namun juga ada yang lebih dari 2 tahun bahkan 3 tahun tidak keluar dari gudang karena model sudah ketinggalan, cacat , tidak lengkap, di makan rayap, di makan tikus juga.
Saya karena pernah menangani masalah ini maka saya bilang ke beliau dengan besaran gudang dan jumlah barang yang menumpuk ini bisa menghasilkan uang lebih dari 100 juta pak.

Beliau sempat kaget dan tidak percaya sampai akhirnya saya jelaskan. Yang harus dilakukan adalah membersihkan gudang dan membuat klasifikasi barang mana yang harga jualnya grade A, grade B, Grade C atau D .
Kemudian saya jelaskan bagaimana dengan melakukan sedikit sentuhan pada barang barang yang awalnya tidak mungkin laku bisa layak jual . Saya melihat wajah beliau berbinar binar dan bersemangat lagi , terima kasih pak anto baru 1 hari di tempat saya sudah bisa memberikan uang Rp 100 Jt lebih hehe, coba pak anto tinggal di jakarta saya akan sering ajak ke sini , hehehe.

Pembelajaran dari sharing diatas adalah seringkali pengusaha tidak menyadari penting menjaga stok agar kondisinl bagus dan siklusnya agar tidak menumpuk. Saya juga di datangi pengusaha clothingan yang brandnya cukup terkenal namun mengeluhkan kondisi keuangan dan salah satu diantara penyebabnya adalah masalah stok dan siklus keluar stok.
Semoga bermanfaat, untuk konsultasi masalah bisnis dan cara menyehatkan bisnis dan keuangan yang sakit bisa hubungi WA saya di 085755333610.

Komentar

Postingan Populer