Inovasi dan Marketing


Inovasi dan marketing adalah 2 hal yang harus menjadi bagian penting dari strategi Bisnis. Saya jadi teringat bahasan ini, setelah membaca berita di kompas bahwa Disc Tarra yang menjual kaset,CD,VCD,DVD sedang melakukan cuci gudang besar besaran, di salah satu mall terkenal jakarta.

Hal ini terjadi karena semakin lesu nya penjualan kaset,cd,vcd dan dvd. Karena terjadi "perubahan trend" karena orang lebih suka mengunduh atau menonton live streaming dari youtube,google play store,sound cloud , iTune dan ratusan situs penyedia musik dan film Gratis !

Ini sama dengan saat terjadi booming bisnis wartel,yang akhirnya ditinggalkan oleh konsumen sejak handphone menjadi semakin murah dan biaya telpon juga semakin murah. 

Dengan selalu mengamati trend akan menjadikan perusahaan tahu dan waspada terhadap penurunan penjualan yang disebabkan adanya inovasi dari produk / jasa.

Ada 2 kategori perusahaan.
1. Yang membawa perubahan (trend setter) dan memimpin pasar (market leader).
2 . Dan yang menghilang dari market atau ditinggalkan konsumen.

Dari rujukan buku favorite saya 

"Kotler on Marketing: How to Create, Win and Dominate Markets By Philip Kotler. Yang disebut salah satu guru marketing modern dunia terbaik saat ini. Mengatakan ada 9 cara untuk Win dan mendominasi Market yaitu.

1. Win Through Higher Quality 
2. Win Through Better Service 
3. Win Through Lower Prices 
4. Win Through High Market Share 
5. Win Through Adaptation and Customization 
6. Win Through Continuous Product Improvement 
7. Win Through Product Innovation 
8. Win Through Entering High-Growth Markets 
9. Win Through Exceeding Customer Expectations.

Jadi apakah perusahaan anda akan menjadi market leader atau malah akhirnya hilang, tergantung dari bagaimana owner apakah terus menerus berpikir inovasi dan strategi mendominasi market atau hanya menjadi seperti buih dilautan yang tidak terombang ambing dan akhirnya pecah dan menghilang.

Dan jika sebagai owner terus berusaha tentang 9 prinsip diatas , maka MEA bukan ancaman namun justru menjadi motivasi untuk terus tumbuh dan ber inovasi dengan strategi dan taktik yang efektif.

Selamat malam dan terus menjadi lebih baik dan memberi manfaat untuk keberkahan hidup di dunia ini dan kelak di akherat.
(coachsantoso.blogspot.com)

Komentar

Postingan Populer