Cara mempromosikan usaha bimbingan belajar atau bimbel


Saya menulis artikel tentang bagaimana cara mempromosikan usaha / bisnis bimbingan belajar atau disingkat Bimbel yang efektif, adalah karena saya ditelpon pengusaha bimbel dari jakarta yang sudah lebih dari 5 tahun menjalankan usaha bimbel atau bimbingan belajar, namun semakin lama semakin drop atau semakin menurun jumlah murid.

Saat saya tanya menurut bapak apa yang menjadi penyebabnya sehingga justru semakin tahun usaha bapak di bimbel atau bimbingan belajar ini makin menurun.

Beliau menjawab Karena banyak nya kompetitor pak, sebab sekarang banyak sekali yang ikut buka usaha bimbel ini Mulai dari skala pribadi/personal semisal freelance mahasiswa atau guru yang juga ikut buka usaha ini, belum yang dari lembaga atau yang sudah punya merek terus memperluas area dan gencar promosi.

Dalam pembicaraan tersebut sekilas saya menganalisa beliau pemilik bimbel yang sudah lebih 5 tahun tersebut tidak siap atau tidak mempersiapkan diri bahwa namanya bisnis pasti ada kompetitor dan semakin booming atau semakin banyak permintaan masyarakat terhadap produk/jasa maka akan banyak yang juga ingin ikut masuk di bidang bisnis tersebut itu hal lumrah atau sunnahtullah sudah sifat alami manusia dan prinsip ekonomi dan marketing yaitu supply and demand.

Beliau bertanya apa yang harus saya lakukan coach, saya sudah kehabisan modal dan ide, dan saya juga membaca artikel coach anto tentang diantara masalah fatal dalam bisnis adalah melakukan subsidi silang yang tidak terkontrol. Dan saya memang punya usaha lain, yang modal dan operasional nya saya ambil dari bisnis bimbel, waktu itu murid masih ramai jadi tidak terasa.
Ternyata malah tidak jalan dan sekarang bimbel yang harusnya sehat ikut sakit, padahal dari sisi profit margin cukup lumayan usaha bimbel dan juga operasional kecil.

Singkat cerita bahwa ada masalah fatal yang menejemen,finansial dan marketing. Disini saya akan fokus kepada promosi yang merupakan bagian dari Marketing.
Saya sarankan sebelum melakukan program promosi anda sudah melakukan riset atau pengamatan apa yang menjadi keunggulan anda dibanding kompetitor dan tidak usah minder atau putus asa meski kompetitor anda besar, karena dalam marketing anda selalu bisa untuk terlihat beda.

Seperti dibilang para pakar marketing dunia semisal Philip kotler, Jay Abraham, Jay C. Levinson dll juga dari Indonesia bapak Hermawan Kartajaya yang dijuluki bapak dan guru Marketing Indonesia mengatakan ujung ujungnya Marketing itu adalah diferensiasi atau menjadi BEDA!

Namun bukan hanya beda tanpa makna dan tujuan. Jadi buatkan analisa keunggulan yang bisa anda berikan dan tidak dimiliki oleh kompetitor atau belum di maksimalkan oleh kompetitor anda.

Berikut 70 cara mempromosikan usaha bimbel atau bimbingan belajar. Untuk anda pahami bahwa sebelum mendapatkan pelanggan maka hal yang pertama harus anda lakukan dalam mempromosikan bimbel atau bimbingan belajar adalah mendatangkan sebanyak mungkin prospek atau calon kastemer. Ini biasa disebut Lead Generation. Dan untuk membuat konversi agar prospek mau take action diantaranya adalah dengan mendefinisikan USP dan di komunikasikan dengan efektif.

Untuk promosi Diantaranya dengan :

1. Membuat brosur / flyer yang mengandung USP dan disebarkan dengan tepat serta terukur.
2. Memasang iklan baris dikoran
3. Memasang iklan di buku telpon
4. Menyisipkan katalog/brosur di media koran/majalah.

Bersambung ya..jempol minta istirahat. Insha Allah saya sambung segera sisa dari artikel 70 cara promosi untuk bisnis bimbel atau bimbingan belajar. 
Caochsantoso.blogspot.com

Komentar

Postingan Populer