Hati hati dengan slogan atau tagline

Hati hati dengan slogan atau tagline yang bombastis karena akan menjadi senjata boomerang yang menghabisi bisnis anda.
Awalnya saya agak mikir mau nulis bahasan tentang slogan atau tagline karena ini masalah yang sering terjadi dan seringkali tanpa di sadari oleh pemilik.
Ceritanya baru beberapa hari saya melakukan audit terkait kondisi bisnis yang berhubungan dengan jasa, diantaranya ada usaha jasa laundry.
Awal ketika datang melakukan konseling dan kunjungan ke tempat usaha laundry, maka yang paling menarik perhatian saya adalah slogan atau tagline dengan menggunakan kalimat TER....

Sebut saja misalnya
1. Terbersih
2. Tercepat
3. Terpercaya dll.

Setelah ngobrol banyak dan melakukan audit maka saya mulai membuat pemetaan dan strategi untuk menemukan masalah terkait penurunan penjualan dan profit.
Hal yang pertama menjadi fokus saya adalah pelayanan pelanggan dan yang terkait dengan kepuasan pelanggan.
Dan ketika saya mulai mendapatkan feedback dari hasil survei pelanggan, maka yang menjadi salah satu kendala terbesar adalah slogan atau tagline TERBERSIH, TERCEPAT , TERPERCAYA.
ketika banyak komplain terkait kebersihan maka slogan atau tagline Terbersih malah akan menjadi senjata makan tuan.

Slogan atau tagline memang dalam strategi marketing dan selling bisa menjadi senjata untuk mengatasi keraguan dan kekhawatiran pelanggan atau menjawab masalah.
Namun banyak yang kurang menganalisa bahwa slogan atau tagline itu adalah Janji dan jika pelanggan merasa tidak mendapatkan janji maka itu akan menjadi masalah besar dan silent killer.
Memang slogan dan tagline bisa menjadi positioning dan penawaran kuat , namun jika tidak atau belum siap maka sebaiknya jangan menggunakan slogan atau tagline TER....

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer