taktik lingkar obat nyamuk

Jika anda memiliki bisnis yang bersifat retail dan mengalami penurunan omset dan profit maka anda harus menganalisa cara anda menjalankan bisnis dan strategi dan taktik marketing , karena ketika terjadi penurunan omzet artinya harus ada perubahan dan atau pembaharuan di bisnis anda, saya akan sharing garis besar diantara strategi direct selling dan taktik yang bisa di gunakan untuk membantu bisnis yang bersifat retail , juga bisa digunakan untuk model bisnis konsumtif.

Diantara manfaat direct selling bagi perusahaan atau bisnis anda adalah 
1. Market riset atau survei 
2. Penetrasi marketshare
3. Cashflow
Ada7 manfaat direct selling bagi bisnis mulai skala UKM juga bisa menerapkan , namun saya akan tuliskan 3 hal diatas itu menjadi priorotas bahasan kali ini.

Pertama market riset atau survei , ini  bisa menjadi indikator atau data bagi perusahaan atau bisnis mengenai siapa saja pelanggan baik pemakai /pengguna atau penentu keputusan, tim direct selling bisa langsung ber interaksi dengan target market dalam bentuk survei ringan atau questionaire , sehingga dari data yang langsung berasal dari konsumen nantinya bisa di olah dan dijadikan bahan kajian strategi baik itu marketing dan inovasi.

Kedua penetrasi marketshare
Diantara fungsi yang juga sangat penting adalah bisa untuk penetrasi marketshare, secara sederhana ketika tim direct selling turun ke lapangan (market) maka mereka bisa memberikan edukasi dan juga pengaruh terhadap perusahaan, produk atau jasa.
Contoh penerapan praktis adalah dengan menggunakan katalog yang dibawa tim direct selling dengan metode yang saya sering gunakan adalah taktik lingkar obat nyamuk yaitu , mulai dari NOL KM hingga 1,5 KM (tergantung analisa). Alhasil salah satu retail ternama yang terus konsisten menerapkan hal ini bisa terus menjaga cashflow dan sekaligus brand mereka.

Ketiga Cashflow
Bisa dikombinasikan dengan sekaligus membawa produk dan atau form order (tergantung sikon) , ketika terjadi penjualan langsung maka artinya perusahaan atau bisnis anda menghasilkan aliran uang masuk dan jika ini setelah dievalasi bagus maka teruskan dan tingkatkan .

Ingat apapaun strategi dan taktinya selalu lakukan evaluasi sedetil mungkin dan ketika ada hasilnya tingkatkan 

Komentar

Postingan Populer