Monitoring Kontroling Problem Solving

Ketika bisnis anda mengalami penurunan banyak sekali faktor penyebabnya namun dari sekian faktor penyebab adalah tidak adanya sistem monitoring, sistem kontroling dan strategi problem solving, kalaupun ada ketiga hal yang disebut diatas namun tidak berjalan dengan baik, padahal sitem monitoring, kontroling dan strategi problem solving itu sangat dibutuhkan karena selama perusahaan berdiri atau beroperasi pasti akan mengalami kendala, entah itu kendala dari internal maupun eksternal.

Sebagai contoh saat perusahaan mengalami penurunan omset penjualan , maka ketika dilakukan analisa yang mendalam ternyata ditemukan perusahaan tidak memiliki ketiga hal diatas yaitu monitoring, kontroling dan problem solving yang baik.

Saat omzet penjualan menurun harus melakukan analisa kenapa menurun apakah ada perubahan trend? apakah ada kompetitor yang masuk ke market dan melakukan strategi penetrasi harga? bahkan ketika ada perubahan jalan atau lalu lintas bisa pengaruh, contoh saat membuka usaha rumah makan 5 tahun ramai namun ketika ada pelebaran jalan atau perubahan jalur jalan maka membuat rumah makan menjadi sepi karena konsumen malas untuk memutar jauh dan mencari alternatif rumah makan lain yang juga enak.

Sabar dalam proses
Ini juga menjadi masalah terbesar ketika pemilik bisnis saat mengalami kondisi penurunan bisnis , harus memahani setiap masalah butuh proses analisa , riset dan testing strategi , apalagi ketika perusahaan tersebut sudah berdiri lama dan punya hutang besar , maka tentu tidak bisa instant, bahkan disinilah akan muncul masalah lebih besar ketika pengusaha mencari solusi instant untuk membayar hutang semisal dengan pinjam hutang riba lebih besar dan atau pergi ke paranormal atau orang yang dianggap sakti dan bisa mendatangkan uang.

Sabar dalam menjalan fase atau tahapan proses pembenahan sangat penting, dan terbukti dengan memperbaiki iman tauhid dan ibadah lalu ber ikhitar dengan cerdas , maka perubahan sudah bisa di rasakan dalam 3 bulan.

Ketika anda mengalami masalah bisnis maka lakukan evaluasi apakah perusahaan anda sudah memiliki dan menerapkan monitoring, kontroling dan punya strategi problem solving yang efektif? jika belum maka segera buat dan jika sudah evaluasi apakah sudah efektif dan lakukan perbaikan agar menjadi lebih efektif

Komentar

Postingan Populer