Manfaat meeting yang terukur

Diantara tools yang harus dimiliki oleh perusahaan adalah memiliki jadwal dan program meeting yang terukur, karena begitu banyak saya menjumpai perusahaan yang tidak memiliki jadwal dan program meeting yang efektif, ada yang meetingnya sekali kali jika ada masalah, ada yang dulunya punya agenda meeting namun sekarang tidak ada lagi, ada juga yang mengatakan bingung mau meeting apa kan setiap hari ketemu, ada juga yang mengatakan masih bingung dengan meeting apa yang dibahas , gol nya dan tolok ukur serta manfaat bagi perusahaan atau bisnis.

Sebenarnya sudah pernah saya tulis di blog ini tentang jenis jenis meeting dan cara membuat meeting yang efektif, anda bisa searching di blog ini. Namun kali ini saya akan mengulang secara garis besar apa saja yang harus ada dalam meeting di perusahaan anda.

Berikut ini hal yang harus ada dalam acara meeting anda diantaranya adalah Gol atau tujuan, Evalusi Progres Pencapaian, membahas Kendala / Solusi (jangka pendek / Jangka panjang) serta jangan lupa menunjuk PIC dan mencatat meeting tersebut untuk rekap dan dibagikan kepada peserta ini penting sekali karena banyak sekali meeting namun hanya lisan dan tidak ada notulen sehingga meetingnya tidak efektif serta tidak terarah dalam memecahkan persoalan yang terus muncul berulang ulang.

Agenda briefing dan meeting itu wajib anda jalankan jika anda ingin perusahaan/bisnis anda seiring waktu tumbuh lebih baik dan sigap menghadapi perubahan perubahan baik secara internal dan atau eksternal.

Komentar

Postingan Populer