workshop Developer properti syariah

Tulisan ini saya published juga di web abahanto.com Artikel baru

Alhamdulillahirobbil A'lamin segala pujian dan kehebatan hanya Mutlak milik Allah Subhanahu wa Ta'ala Pemilik alam semesta raya .
Tulisan ini terinspirasi dari beberapa kali pertemuan sharing ngobrol dengan beberapa sahabat baik yang sudah saya kenal saat saya ikut Workshop Developer Properti baik yang konvensional dan yang mengunakan skema syariah tanpa bank tanpa riba yang saat ini juga menjadi pilihan saya untuk menganut bisnis tanpa riba. 

Pengalaman saya ketika tahun 2015 diminta untuk membantu salah satu developer properti di kota malang yang pada saat itu stagnan macet dan terlilit hutang dan riba , Alhamdulilah atas pertolongan dan kemurahan Allah azza wa jalla dalam tempo sekitar 10 bulanan atau kurang dari 12 bulan dari yang awalnya macet bisa lancar lagi dan terutama bisa melunasi utang riba.

Saat ini saya selain sebagai praktisi Developer Properti Syariah dan kontraktor juga membantu pengusaha dari berbagai jenis bisnis bukan hanya Developer Properti yang mengalami masalah penurunan bisnis dan keuangan serta ingin lepas dari jeratan riba.

Ketika saya ditanya apakah mudah menjadi developer properti? Kalo jawaban positif maka saya jawab sama seperti bisnis lainnya bahwa untuk 
Menjadi Developer Properti bukanlah pekerjaan mudah tetapi akan menjadi sangat mudah jika kita tahu rahasianya, menguasai ilmunya dan berinteraksi dengan orang yang telah sukses sebagai pebisnis properti. Namun ini juga bukan berarti saat ikut belajar menjadi Developer Properti lewat workshop setelah selesai workshop langsung bisa sukses , jujur saya katakan tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Saya termasuk orang yang selalu ingin belajar maka saya juga mengikuti beragam workshop cara mudah menjadi developer properti , namun ketika saya mengamati antara jumlah alumni dari berbagai workshop Properti dan yang sukses hasilnya adalah yang sukses tentunya lebih sedikit ini seperti sunnahtullah yang saya analogikan untuk mempermudah bahasan ibarat orang yang ikut lomba lari maraton yang ikut bisa ratusan bahkan ribuan kalo kejuaraan maraton tingkat nasional atau dunia, namun yang berhasil masuk garis finish dan menang sangat sedikit sekali .
Artinya bahwa dalam bisnis juga ada prosesnya hanya yang memiliki kapasitas dan kompetensi serta mindset dan attitude yang tepat yang akan menjadi the winner.


Saya memutuskan memilih sebagai developer properti syari'ah dan mentor debt free (mentoring melunasi hutang riba berapapun) karena passion untuk sharing dan sekaligus ingin mengajak Hijrah dan membuktikan bahwa bisnis apapun harus tanpa Riba.

Menjadi developer properti tidak dapat disangkal bahwa bisnis properti itu sangat kompleks karena sebuah proyek properti dikelilingi dan bersentuhan dengan sekurangnya seratusan macam profesi, mulai dari kontraktor, mandor, tukang, kernet atau asisten tukang, arsitek, broker properti, preman wilayah, ormas, petugas hansip, petugas RT dan RW, staff Kantor Desa, Kepala Desa, petugas Kecamatan, petugas pajak, Notaris PPAT beserta karyawan-karyawannya.

Tak ketinggalan di sebuah proyek akan selalu ada kegiatan ekonomi UKM semisal bapak / ibu pemilik warung dan anaknya sebagai pelayan, satpam, petugas dan para staff sampai dengan kepala kantor urusan Perijinan Bangunan bahkan sampai Bupati, Walikota dan Gubernur malah.

Bisa dipastikan bahwa di sebuah proyek properti akan selalu berhubungan dengan Kantor Pertanahan melalui staff-staffnya dan lain-lain dan lain-lain.

Ada lagi orang Pajak, appraisal, orang-orang bank dan masih banyak lagi. Apalagi jika ada tuntutan hukum akan melibatkan advokat, panitera pengadilan, hakim. Yap, Jika disebutkan lagi akan memakan lebih banyak tempat di halaman ini.

Dari gambaran di atas jelaslah bahwa diperlukan kekuatan mental dan persiapan matang untuk menjadi Developer Properti jika tidak anda akan pusing sendiri yang ujung-ujungnya anda akan membatalkan ‘takdir’ anda menjadi developer sukses.

Namun kerumitan mengelola proyek properti tersebut bisa diatasi dengan mempersiapkan diri dengan belajar, baik melalui buku-buku, media online seperti www.abahanto.com ini bisa juga dengan mengikuti seminar dan workshop tentang menjadi Developer Properti Syariah yang benar dan saya menganjurkan anda memilih skema syariah dalam bisnis developer properti ini maupun bisnis lainnya .

Rahasia Sukses Menjadi Developer Properti.

Kalau ditanya apakah rahasia sukses maka para pengusaha yang sudah sukses akan menjawab jujur pantang menyerah dan komitmen dalam perjalanan dan pembelajaran untuk memantaskan diri menjadi sukses

Namun tips pertama adalah memiliki prinsip Selalu Bersemangat Belajar dan Belajar
Ilmu tentang properti berkembang terus seiring dengan perkembangan zaman, tetapi secara umum metodologi kelola proyek yang sudah akeh dipahami tidaklah jauh berubah dari waktu ke waktu. Pemahaman tentang aspek-aspek dalam proyek properti mutlak terus dimiliki, disamping kemampuan untuk mengikuti perkembangan teknologi di bidang developer properti.

Hal yang sangat krusial dipelajari oleh seorang developer properti pemula adalah kemampuan analisa terhadap suatu lahan yang akan dijadikan proyek properti, karena sekali salah dalam pengambilan tindakan maka diperlukan effort yang ekstra keras dan waktu yang lama untuk memulihkan akibat dari salah pengambilan tindakan tersebut.

Jika anda ditawarkan lokasi oleh seorang broker properti jangan sekali-sekali percaya saja apa kata mereka, karena kebanyakan Mediator Properti hanya menginginkan transaksi, dengan demikian mereka memperoleh uang fee brokerage.

Mereka tidak peduli apakah setelahnya lokasi tersebut bermasalah atau tidak dapat dikelola menjadi sebuah proyek. Berdasarkan pengalaman kami menghadapi broker properti, mereka selalu mengatakan bahwa suatu lokasi sangat bagus, murah dan menguntungkan padahal setelah dianalisa hasilnya sebaliknya. Itulah sebabnya untuk seorang Developer Properti sangat diperlukan sekali kemampuan analisa.

Setelah menguasai kemampuan analisa ini, selanjutnya yang perlu anda kuasai adalah metodologi kelola sebuah proyek properti yang mana bisa anda pelajari dengan berinteraksi langsung dengan pebisnis properti sebenarnya, tidak hanya pembicara seminar atau workshop yang belum pernah memiliki proyek.

Memilih Mentor yang Tepat.
Saya merekomendasikan mencari informasi tentang seminar dan workshop Developer Properti yang tepat dan juga silahkan cari Mentor yang pas anda bisa tanya dan searching di Google terkait hal diatas karena tidak dipungkiri bahwa memilih mentor menjadi salah satu kunci sukses dalam bisnis, tak terkecuali dalam bisnis properti sebagai developer.

Karena mentor yang sebenar-benar mentor seyogianya sudah menjadi Developer Properti terlebih dahulu sehingga sudah melalui semua tantangan, kondisi dan kendala yang timbul dalam perjalanan sebuah proyek. Mentor ini akan memberikan advice yang jitu sesuai dengan pengalamannya.

Pemilihan mentor yang baik dan sukses untuk kesuksesan kita sudah menjadi pemahaman umum karena pada kenyataannya Orang-orang yang Sukses Juga Belajar dari Orang Sukses Sebelumnya.

Dari Mana Memilih Mentor untuk Bisnis Developer Properti?
Cara yang paling mudah mencari mentor untuk bisnis properti adalah dengan cara mengikuti Workshop Developer Properti. Tetapi tidak semua workshop properti dibawakan oleh pebisnis properti beneran.

Anda harus pintar-pintar memilih workshop yang cocok untuk anda dan akan membimbing anda untuk sukses sebagai Developer Properti , namun semuanya kembali kepada diri anda , ibaratnya anda tidak bisa membayar orang untuk diet atau push up bagi diri anda renungkan ini.

Dan jika anda tertarik untuk ikut kelas Private Mentoring Bisnis dan Developer Properti Syariah silahkan hubungi nomer WA admin blog www.abahanto.com untuk membantu anda ataupun proyek/bisnis anda . 

Komentar

Postingan Populer