mengatasi usaha yang sedang menurun omzet penjualan

Mengatasi usaha yang sedang menurun omzet penjualan
Seringkali saya mendapatkan pertanyaan tentang bagaimana cara mengatasi bisnis atau usaha yang sedang menurun omzet penjualannya. Bagaimana cara meningkatkan omzet penjualan yang sepi bahkan cenderung semakin menurun. Biasanya saya akan bertanya dengan pertanyaan sederhana apakah bapak atau ibu mengetahui bagaimana proses terjadi penjualan secara fase atau tahapannya? , biasanya para pengusaha yang saya tanya cenderung kaget dan mengatakan tidak tahu, menurut pendapat mereka bahwa proses penjualan yang umum adalah orang datang setelah melihat iklan dan promosi yang mereka pasang baik di media online atau offline.

Mereka tidak tahu secara tepat bagaimana agar terjadi penjualan atau dengan bahasa sederhana apa yang harus harus dilakukan agar terjadi penjualan?
Bahwa penjualan terjadi melalui fase atau rangkaian proses dan tahapan, secara sederhana adalah anda bisa mendapatkan penjualan melalui iklan promosi yang anda pasang atau anda mendapatkan pelanggan dari referensi.

Berikut tahapan yang bisa anda lakukan untuk mengatasi usaha yang sedang menurun omzet penjualannya.

Pertama anda harus mengkomunikaskan tentang produk ata jasa yang ingin anda tawarkan ke market secara massive atau masal dengan media online dan offline.
Kedua anda harus membuat orang atau market yang melihat atau mendengar penawaranan anda tertarik untuk bergerak atau take action sesuai arahan anda.
Ketiga anda harus membuat orang atau target market anda membeli
Keempat anda harus membuat orang atau target market anda menjadi pelanggan yang terus membeli dari anda.
Kelima anda harus membuat pelanggan menjadi sales marketing team anda yang mereferensikan produk atau jasa anda.

Kelima tahapan diatas jika dijelaskan panjang lebar tidak muat halaman blog ini, namun saya di kesempatan ini ingin membuka wawasan anda tentang bagaimana meningkatkan penjualan anda dengan memahami  proses prosesnya. Maksudnya bahwa terjadi penjualan adalah dampak dari proses atau tahapan tahapan sehingga akhirnya terjadi closing pembelian oleh pelanggan anda.


Namun perlu anda ingat bahwa anda harus mengetahui histori atau riwayat program marketing yang telah anda lakukan hal ini untuk menganalisa apakah sudah efektif atau belum, semisal jika anda memiliki bisnis property dan anda merasa sudah iklan di Koran, spanduk , radio dan online tapi kok penjualannya tidak seperti yang anda harapkan maka anda harus mengevaluasi dengan detil dan seksama kenapa market tidak merespon, hal yang paling penting adalah apakah anda sudah mendefinisikan dengan tepat target market ideal anda , atau hot prospek anda? Setelah itu adalah menganalisa penawaran, headline, isi , pesan dan call action, kemudian juga pemilihan media adalah hal yang sangat penting, saya sudah banyak membantu bagaimana mengubah strategi marketing yang berdampak kepada penjualan. 
Jadi mulai dari sekarang coba review secara detil apakah anda sudah tepat atau malah asal asalan dalam membuat strategi marketing untuk meningkatkan penjualan anda.

Komentar

Postingan Populer