Kecepatan dalam bisnis


Saat anda memutuskan punya bisnis maka anda akan berhadapan dengan kompetitor atau persaingan.
Jika anda membuka bisnis baru maka anda harus bersaing dengan mereka yang sudah lama men dominasi pasar atau mendominasi marketshare.

Ketika anda sudah lebih lama bisnis maka anda akan berhadapan dengan kompetitor baru.
Persaingan di dunia bisnis itu hal lumrah dan pasti ada, ketika baru memulai usaha dengan modal dan sumber daya yang minim / terbatas, persaingan begitu terlihat sulit terutama ketika menghadapi pesaing yang lebih dulu terjun dan juga lebih kuat.

Kemampuan bertahan baik dengan kompetitor maupun badai krisis ekonomi pasti diperlukan. Sejarah menunjukkan yang "lebih kecil belum tentu kalah menghadapi yang lebih besar dan lebih kuat "
Banyak perusahaan yang dulu nya kecil saat mulai kemudian sekarang menjadi kuat. Karena mereka memiliki strategi "percepatan" ini yang akan menjadi bahasan saya kali ini.

Ada 2 hal utama yaitu kecepatan dalam mengambil keputusan dan kecepatan mengeksekusi nya dan yang kedua adalah "kecepatan dalam ber inovasi " karena jika anda amati, perusahaan yang menjadi pemimpin pasar punya 2 hal ini.

Seringkali dijumpai banyak pengusaha yang terlalu lama memendam / mengerami keputusan , ibarat main bola terlalu lama bola digiring sendirian, tidak segera di oper ke pemain lain.
Jangan pernah anda "menunda " waktu, jika harus di selesaikan / di putuskan segera maka selesaikan.

Prinsip Cepat, Tepat, Selamat bisa menjadi bagian budaya kerja yang di masukkan proses atau aktivitas kerja.
Coba saja misal anda mendapat order / pesanan / project namun anda membiarkan tanpa follow up atau tidak menindak lanjutnya maka bisa saja pelanggan tersebut akan mengcancel karena dianggap tidak ada respon.

Seringkali kebiasaan menunda atau membiarkan berlama-lama akhirnya berujung pada kerugian. Ingat Islam bukan agama yang mengajarkan menunda nunda, bahkan cara berjalan Rasulullah seperti diceritakan oleh

Sahabat Anas Radhiyallahu anhu, menceritakan :
Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam orangnya berpostur sedang, tidak tinggi ataupun pendek, fisiknya bagus. Warna (kulitnya) kecoklatan. Rambutnya tidak keriting, juga tidak lurus. Apabila berjalan, beliau berjalan dengan tegak. [Hadits shahîh, Mukhtashar asy-Syamâil no. 2].

Kecepatan dalam inovasi juga harus menjadi prinsip perusahaan. Karena inovasi adalah jantungnya bisnis, karena dibutuhkan terobosan terobosan baru agar perusahaan anda keluar dari situasi stagnan, inovasi yang menarik dan punya nilai akan melahirkan respon positif dari pasar . Handphone yang saat ini saya dan kita pegang ini adalah contoh inovasi. Cobalah lihat bentuk handphone 10 tahun lalu.

Ingat selalu prinsip  Cepat. Tepat. Selamat

Komentar

Postingan Populer