Etos kerja dalam islam

Allahu subhanahu Wa ta'ala dalam QS. At taubah : 105 mengatakan yang artinya : " Dan katakanlah: " Bekerja lah kamu, Maka Allah dan Rasul- Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu."

Suatu hari Rasulullah Shallahu 'alaihi Wa sallam berjumpa dengan Sa'ad bin Mu'adz Al-Anshari. Ketika itu Rasul melihat tangan Sa'ad melepuh, kulitnya gosong kehitam-hitaman seperti terpanggang matahari. "Kenapa tanganmu?" tanya Rasulullah kepada Sa'ad. " Wahai Rasulullah, tanganku seperti ini karena aku mengolah tanah dengan cangkul itu untuk mencari nafkah keluarga yang menjadi tangunganku". Seketika itu beliau mengambil tangan Sa'ad dan menciumnya seraya berkata, " inilah tangan yang tidak akan pernah tersentuh api Neraka".

Begitulah ajaran Islam tentang etos kerja dan tidak menggantungkan kepada orang lain. Dengan motivasi ibadah, bekerja semestinya selalu memberikan yang terbaik.
Bekerja sebaik mungkin. Dengan insan dan itqan (cara yang paling baik). "Maka berbuat baiklah sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu. ".
( Al Qashash:77).

Semangat pagi !

Komentar

Postingan Populer